Trump Tarik Pasukan Militer AS dari Suriah Usai Kalahkan ISIS, Ini Reaksi Netanyahu

DUNIA | 20 Desember 2018 12:53 Reporter : Ira Astiana

Merdeka.com - Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menarik pasukan militernya di Suriah setelah mengalahkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) rupanya sudah didengar oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Netanyahu mengatakan bahwa dia sudah berbicara dengan Trump pada Minggu (16/12) lalu di mana Trump mengungkapkan niatannya untuk menarik pasukan bersenjata AS keluar dari Suriah. Kepada Netanyahu, Trump pun mengungkapkan bahwa dia sudah memiliki rencana setelah menarik pasukannya.

"Mereka menegaskan memiliki cara lain untuk memberlakukan pengaruh mereka di daerah itu," kata Netanyahu, dikutip dari Jerusalem Post, Kamis (20/12).

Meski demikian, Netanyahu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana Israel akan menyikapi keputusan Trump ini. Pihaknya masih akan mengkaji semua dampak yang akan terjadi terkait hal ini.

"Ini tentu saja keputusan AS. Kami akan membutuhkan waktu untuk mempelajari semua ini dan hubungan dari keputusan ini dengan negara kami," ungkapnya.

Seperti diketahui, Trump mengeluarkan perintah mengejutkan berupa penarikan kembali pasukan militer AS di Suriah. Hal ini dilakukan karena dia mengklaim telah berhasil mengalahkan ISIS di negara tersebut.

"Kami sudah mengalahkan mereka (ISIS) dan kami mengalahkan mereka dengan telak. Kami sudah menguasai wilayah kembali dan sekarang saatnya bagi pasukan kami untuk pulang," ujar Trump/

Keputusan Trump untuk menarik kembali pasukan bertentangan dengan kebijakan AS yang telah lama ditetapkan untuk Suriah dan kawasannya. Sebab, penarikan ini bisa menyebabkan konsekuensi geopolitik yang luar biasa dan menyebabkan ketidakpastian terhadap nasib pejuang Kurdi yang selama ini didukung AS untuk memerangi ISIS di Suriah. (mdk/ias)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.