Trump Umumkan Pengobatan Covid-19 dengan Plasma Darah Disetujui

Trump Umumkan Pengobatan Covid-19 dengan Plasma Darah Disetujui
DUNIA | 24 Agustus 2020 13:04 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Minggu mengumumkan pengesahan darurat plasma pasien sembuh dari Covid-19 untuk mengobati virus corona. Sebelumnya Trump kerap dikritik karena dianggap lamban dalam penanganan pandemi Covid-19.

Pengumuman ini disampaikan beberapa hari setelah pejabat Gedung Putih menduga ada motif politis penundaan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) dalam persetujuan vaksin dan pengobatan virus corona yang dapat memperkecil kesempatan Trump terpilih kembali pada Pemilu nanti.

Pada malam Konvensi Nasional Partai Republik, Trump menerbitkan perintah darurat - yang dapat mempermudah beberapa pasien untuk memperoleh pengobatan - dalam sebuah konferensi pers Minggu malam, menurut pejabat Gedung Putih. Plasma darah, diambil dari pasien yang telah sembuh dari virus corona dan kaya antibodi, mungkin bisa bermanfaat bagi pasien lain yang tengah berjuang dengan penyakit tersebut. Namun buktinya belum meyakinkan seperti bagaimana plasma bekerja dan bagaimana memberikannya kepada pasien.

Baca Selanjutnya: Banyak ilmuwan dan dokter percaya...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami