Hot Issue

Upaya Dunia Telusuri Asal-usul Virus Corona Terbentur "Tembok China"

Upaya Dunia Telusuri Asal-usul Virus Corona Terbentur "Tembok China"
Wabah virus mirip SARS hantui China. ©NICOLAS ASFOURI/AFP
DUNIA | 4 Januari 2021 08:00 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Di kerimbunan belantara bukit pegunungan di sebelah selatan China ada jalan masuk ke gua penambangan yang pernah dihuni oleh kelelawar yang diketahui menyimpan kerabat dekat virus corona Covid-19.

Kawasan itu menjadi sorotan dunia sains karena boleh jadi lokasi tersebut menyimpan petunjuk tentang asal susul virus yang telah menewaskan lebih dari 1,7 juta warga dunia. Namun bagi para ilmuwan dan jurnalis, lokasi itu menjadi wilayah yang tak bisa ditembus karena alasan politik dan kerahasiaan.

Dilansir dari laman AP pekan lalu, sekelompok peneliti kelelawar belum lama ini berhasil mengambil sampel dari gua itu namun temuan mereka disita aparat, kata dua orang yang mengetahui kejadian ini. Para ahli virus corona diperintah untuk tidak berbicara apa pun kepada media. Satu tim jurnalis the Associated Press dibuntuti polisi berpakaian preman dengan sejumlah mobil yang menghalangi jalan menuju gua itu pada akhir November lalu.

Setahun setelah orang pertama diketahui terinfeksi virus corona, penyelidikan AP memperlihatkan pemerintah China masih dengan ketat mengendalikan semua penelitian soal asal-usul virus corona dan gencar menyebarkan teori yang menyebut virus ini bisa jadi berasal dari luar China.

Temuan AP menyatakan pemerintah menggelontorkan ratusan ribu dolar kepada para peneliti yang mencari asal usul virus corona di selatan China dan berhubungan dengan pihak militer. Namun pemerintah juga mengawasi dan mengharuskan semua jenis data, publikasi atau penelitian lebih dulu disetujui oleh satuan tugas yang dikelola kabinet pemerintahan China di bawah perintah langsung dari Presiden Xi Jinping.

Baca Selanjutnya: Bocoran dokumen...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami