Vaksin Covid-19 Buatan Moderna AS Siap Edar Akhir Maret atau Awal April 2021

Vaksin Covid-19 Buatan Moderna AS Siap Edar Akhir Maret atau Awal April 2021
penelitian vaksin corona di as. ©2020 REUTERS/Bing Guan
DUNIA | 5 Oktober 2020 13:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - CEO perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Moderna, Stephane Bancel Rabu lalu mengatakan jika vaksin Covid-19 buatan perusahaannya terbukti aman dan efektif maka masyarakat umum bisa mendapatkannya pada akhir Maret atau awal April tahun depan.

“Saya pikir akhir kwartal 1, persetujuan awal di kwartal 2 adalah waktu yang wajar berdasarkan apa yang kami ketahui dari vaksin kami,” jelas Bancel pada konferensi yang diselenggarakan oleh Financial Times dan dilansir laman CNN, Kamis (1/10).

Sedangkan untuk pemeriksaan data keamanan dan kemanjuran, Bancel mengatakan dia mengantisipasi Moderna akan dapat mengajukan Pengajuan Lisensi Biologis (BLA) ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada akhir Januari atau awal Februari 2021.

BLA meminta FDA untuk mempertimbangkan lisensi penuh suatu obat, sementara izin penggunaan darurat (EUA) mempercepat kandidat obat atau vaksin untuk digunakan dalam keadaan darurat.

Bancel mengatakan Moderna dapat mengajukan EUA paling cepat pada 25 November mendatang.

“EUA menurut kami, akan menjadi alat medis yang penting untuk mulai menangani orang-orang berisiko sangat tinggi seperti petugas kesehatan, lansia,” jelasnya.

Baca Selanjutnya: Dia juga mengatakan Moderna sedang...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami