Vaksinasi Pertama di AS Diberikan Pada Petugas Kesehatan & Perawat Panti Jompo

Vaksinasi Pertama di AS Diberikan Pada Petugas Kesehatan & Perawat Panti Jompo
DUNIA | 2 Desember 2020 10:27 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Vaksinasi pertama di Amerika Serikat (AS) akan diberikan pada petugas kesehatan dan perawat di panti jompo. Hal ini ditetapkan oleh panel penasihat pemerintah pada Selasa.

Sebanyak 13 anggota panel memilih merekomendasikan kelompok tersebut menjadi prioritas dalam hari pertama program vaksinasi, ketika dosis vaksin diperkirakan sangat terbatas. Dua kelompok ini mencakup 24 juta orang dari 330 juta populasi AS. Demikian dikutip dari AP, Rabu (2/12).

Bulan ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) akan memutuskan otorisasi penggunaan darurat dua vaksin buatan Pfizer dan Moderna. Perkiraaan saat ini tak lebih dari masing-masing 20 juta dosis vaksin akan tersedia akhir tahun ini. Dan setiap produk vaksin memerlukan dua dosis.

Komite Penasihat Praktik Imunisasi akan rapat kembali untuk memutuskan siapa yang akan divaksin selanjutnya. Ada beberapa kemungkinan: guru, polisi, petugas pemadam kebakaran, dan pekerja di sektor penting seperti produksi makanan dan transportasi; lansia; dan orang yang memiliki penyakit bawaan.

Panel tidak merekomendasikan satu vaksin tertentu. Anggota panel menunggu evaluasi FDA dan melihat data vaksin yang lebih aman dan efektif sebelum merekomendasikan satu produk vaksin secara khusus.

Baca Selanjutnya: Tiap satu menit satu orang...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami