Virus Corona Merebak di Dua Penjara China, 234 Orang Terinfeksi

Virus Corona Merebak di Dua Penjara China, 234 Orang Terinfeksi
DUNIA | 21 Februari 2020 15:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pihak berwenang China hari ini mengatakan virus corona (Covid-19) telah menyebar di dua penjara dan menginfeksi 234 orang. Pejabat tinggi yang dianggap bertanggung jawab atas wabah di penjara itu telah dipecat.

Dilansir dari laman the Straits Times, Jumat (21/2), infeksi yang ditemukan di dua penjara, di Provinsi Shandong utara dan Provinsi timur Zhejiang. Dengan kabar ini maka sebagian besar dari 258 kasus baru dikonfirmasi di luar Provinsi Hubei.

Pihak berwenang memecat kepala departemen kehakiman Provinsi Shandong setelah tingkat wabah di penjara Rencheng di kota Jining terdeteksi. Secara keseluruhan, 207 orang di penjara dinyatakan positif.

Kasus pertama corona di penjara itu ditemukan menginfeksi seorang sipir penjara pada 13 Februari. Pihak berwenang mengatakan kepada media jika tujuh petugas penjara juga dipecat karena kejadian itu.

1 dari 1 halaman

Wabah itu mengungkapkan beberapa departemen mempunyai tanggung jawab yang buruk, pekerjaan mereka tidak solid dan langkah-langkah pencegahan epidemi tidak akurat", kata Yu Chenghe, selaku wakil sekretaris jenderal pemerintah Provinsi Shandong.

Sebuah penjara di provinsi Zhejiang juga melaporkan wabah dengan 27 tahanan ditemukan baru terinfeksi minggu ini.

"Direktur dan ketua Partai Komunis penjara Shilifeng di Zhejiang dipecat dan penyelidikan atas wabah telah dilakukan," kata pemerintah provinsi di situs media sosialnya.

Pejabat kesehatan Shandong mengatakan mereka telah menunjuk rumah sakit di Jining untuk mengobati pasien virus dan juga akan mengalokasikan fasilitas di dalam penjara untuk perawatan.

Reporter Magang : Roy Ridho (mdk/pan)

Baca juga:
Ketika Anjing di China Pakai Masker untuk Hindari Virus Corona
Mengenal Favipiravir, Obat yang Ditemukan China Buat Sembuhkan Virus Corona
Tak ada Lagi Pelukan, Tak Ada Lagi Ciuman
Pengerjaaan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terganggu akibat Virus Corona
Dubes China Deng Xijun Berharap ASEAN Kerjasama Tangani Corona
Jokowi Tunggu Keputusan Jepang untuk Evakuasi 74 WNI di Kapal Pesiar
Cerita Orang China Alami Rasisme di Jerman, Ditolak Berobat ke Dokter

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami