Warga Jerman akan Mulai Divaksin Virus Corona Awal 2021

Warga Jerman akan Mulai Divaksin Virus Corona Awal 2021
DUNIA | 15 Oktober 2020 15:31 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Jerman akan mulai imunisasi warganya dengan menyuntikkan vaksin virus corona pada tiga bulan pertama tahun 2021. Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn. Vaksin hanya akan diberikan kepada warga yang mau divaksin.

Saat Jerman tengah menunggu para penelitinya mengembangkan vaksin virus corona, Spahn memprediksi pada Senin vaksinasi hanya tinggal hitungan bulan.

"Saat ini, 12 Oktober, saya berasumsi bahwa kita bisa mulai pada kuartal pertama tahun depan," katanya, dikutip dari Deutsche Welle, Kamis (15/10).

Dia menekankan vaksinasi akan bersifat sukarela. Otoritas Jerman berencana untuk memulai upaya vaksinasi dengan kelompok berisiko tinggi, seperti orang yang memiliki penyakit bawaan, lansia, petugas medis, dan pegawai panti jompo.

Jerman juga menginvestasikan ratusan juta euro ke dalam perusahaan penelitian medis dalam upaya untuk meningkatkan pengembangan vaksin.

Pada September, Spahn dan Menteri Riset Jerman Anja Karliczek berharap vaksinasi akan dimulai pada bulan-bulan pertama tahun depan. Berbicara melalui tautan video ke lembaga penelitian ekonomi Ifo pada Senin, Spahn mengatakan dia mendukung prediksi ini.

Virus corona menewaskan lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia, termasuk sekitar 9.600 di Jerman, menurut data Universitas Johns Hopkins yang berbasis di AS. (mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami