WHO: Kasus Infeksi Covid-19 di Usia 15-24 Tahun Meningkat Tiga Kali Lipat

WHO: Kasus Infeksi Covid-19 di Usia 15-24 Tahun Meningkat Tiga Kali Lipat
DUNIA | 5 Agustus 2020 12:02 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Sebuah analisis oleh WHO tentang 6 juta kasus infeksi antara 24 Februari dan 12 Juli menemukan bahwa proporsi orang berusia 15-24 tahun yang tertular Covid-19 naik menjadi 15% dari 4,5%.

Terlepas dari Amerika Serikat yang berada di peringkat pertama global dengan 4,8 juta total kasus, negara-negara Eropa termasuk Spanyol, Jerman dan Perancis, dan negara-negara Asia seperti Jepang, telah mengatakan bahwa banyak dari mereka yang baru terinfeksi adalah kaum muda.

"Orang-orang yang lebih muda cenderung kurang waspada tentang penyamaran dan jarak sosial," Neysa Ernst, manajer perawat di unit biocontainment Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore, Maryland mengatakan kepada Reuters dalam sebuah email seperti dikutip Rabu (5/8).

"Perjalanan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan dan menyebarkan Covid-19," katanya, seraya menambahkan bahwa kaum muda lebih cenderung pergi bekerja di komunitas, ke pantai atau pub, atau membeli bahan makanan.

Lonjakan kasus baru, yang disebut sebagai gelombang kedua infeksi, telah mendorong beberapa negara untuk memaksakan pembatasan baru dalam perjalanan bahkan ketika perusahaan berlomba untuk menemukan vaksin untuk virus yang menyebar cepat yang telah merenggut lebih dari 680.000 jiwa dan meningkatkan ekonomi.

Bahkan negara-negara seperti Vietnam, yang secara luas dipuji atas upaya mitigasinya sejak coronavirus muncul pada akhir Januari, sedang memerangi gelombang infeksi baru.

Di antara mereka yang berusia 5-14 tahun, sekitar 4,6% terinfeksi, naik dari 0,8%, antara 24 Februari dan 12 Juli, WHO mengatakan, pada saat pengujian meningkat dan para ahli kesehatan masyarakat khawatir bahwa pembukaan kembali sekolah dapat menyebabkan lonjakan dalam kasus.

Baca Selanjutnya: Anthony Fauci pakar terkemuka AS...

Halaman

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami