WHO Peringatkan Amerika Bisa Jadi Pusat Pandemi Virus Corona

WHO Peringatkan Amerika Bisa Jadi Pusat Pandemi Virus Corona
DUNIA | 28 Maret 2020 12:16 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - WHO memperingatkan Amerika Serikat (AS) bisa menjadi pusat pandemi virus corona berikutnya setelah China, karena lonjakan besar jumlah kasus.

New York berada di pusat wabah, dengan hampir setengah dari 90.000 lebih kasus di negara itu. Gubernur Andrew Cuomo mengatakan penyakit itu menyebar lebih cepat daripada "kereta cepat" di negara bagian itu. Demikian dikutip dari BBC, Sabtu (28/3).

Ada juga kekhawatiran yang berkembang bahwa Louisiana bisa menjadi titik berikutnya, dengan peringatan gubernur bahwa kota terbesar negara bagian itu, New Orleans, bisa kekurangan ventilator (alat bantu pernapasan) pada 2 April dan berpotensi kekurangan tempat tidur rumah sakit pada 7 April.

AS mengebut pengujian untuk virus dalam sepekan terakhir, yang dapat menjelaskan alasan melonjaknya jumlah kasus. Saat ini lebih dari setengah juta orang dites Covid-19 - naik hampir 400.000 sejak Jumat lalu.

1 dari 1 halaman

Angka Pengangguran Naik

Kendati AS tidak menerapkan lockdown nasional, beberapa negara bagian telah mengambil sejumlah langkah untuk mencoba mengatasi meningkatnya jumlah kasus, menutup restoran, bar, bioskop, hotel dan pusat kebugaran.

Data baru menunjukkan dampak ekonomi pada negara itu, dengan jumlah pengangguran melonjak ke rekor tertinggi hampir 3,3 juta. Rekor sebelumnya ditetapkan pada 1982, ketika angka pengangguran mencapai 695.000.

Presiden Donald Trump baru-baru ini mengatakan ingin melonggarkan pembatasan aktivitas mulai awal bulan depan, kendati terjadi lonjakan kasus. (mdk/pan)

Baca juga:
Jumlah Infeksi Covid-19 di AS Lampaui China, Fasilitas Medis Kewalahan Tangani Pasien
AS Dakwa Presiden Venezuela Atas Terorisme Narkoba, Tawarkan Imbalan USD 15 Juta
Virus Corona Bisa Menjadi Penyakit Musiman Seperti Flu
Bila Wabah Pandemi Mengistirahatkan Ratusan Pesawat Komersil di AS
Donald Trump Ingin Warga AS Kembali Bekerja Pada Saat Paskah
Donald Trump Minta Bantuan Peralatan Medis Dari Korea Selatan Untuk Tangani Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami