WHO Puji Penanganan Covid-19 Malaysia

WHO Puji Penanganan Covid-19 Malaysia
DUNIA | 15 Oktober 2020 19:02 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah Malaysia. Kapasitas yang kuat dalam persiapan menghadapi wabah dan respons pemerintah membantu membangun fondasi yang stabil dalam penanganan pandemi Covid-19.

Perwakilan WHO untuk Malaysia, Brunei, dan Singapura, Dr Lo Ying-Ru Jacqueline mengatakan, infrastruktur dan petugas yang terlatih untuk memberikan perawatan berkualitas tinggi juga berkontribusi dalam baiknya penanganan pandemi.

Dalam kolom komentar di situs web WHO berjudul 'Negara bersatu dalam menghadapi pandemi', dia mengatakan pada tahun-tahun sebelum pandemi, pemerintah dan otoritas kesehatan mengambil langkah besar untuk meningkatkan keamanan kesehatan Malaysia dan kapasitas respons multi-sektoral untuk keadaan darurat kesehatan dan kesiapsiagaan bencana.

Langkah-langkah ini termasuk persiapan dan partisipasi dalam Evaluasi Eksternal Bersama dari kapasitas inti Peraturan Kesehatan Internasional dengan WHO pada akhir 2019 untuk membantu mengidentifikasi celah paling kritis dalam sistem kesehatan manusia dan hewan dan pengendalian bahaya lingkungan.

"Identifikasi kesenjangan memungkinkan prioritas kebutuhan dan peluang untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons. Semua komponen ini memainkan peran penting dalam respons awal Malaysia terhadap pandemi," jelasnya, dilansir Bernama, Kamis (15/10).

Dr Lo mengatakan, saat wabah baru muncul, pada Februari 2020, Malaysia berinvestasi dalam peningkatan akses kualitas tes Covid-19, penambahan tempat tidur rumah sakit dan ketersediaan ventilator.

Pemerintah Malaysia mengoperasionalkan Pusat Persiapan dan Tanggap Krisis (CPRC) di tingkat nasional dan negara bagian, dan memobilisasi perekrutan dan redistribusi tenaga kesehatan sesuai dengan area beban kerja yang tinggi.

Malaysia, kata Lo, juga mengambil langkah segera untuk mengurangi penularan virus, termasuk penerapan Perintah Pengendalian Gerakan (MCO) dan berbagai fase dan iterasi, yang berhasil membantu mengurangi jumlah kasus Covid-19 hingga setengahnya selama bulan April.

Dia mengatakan, Kantor Perwakilan WHO juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan mitranya untuk memberikan dukungan kritis di bidang koordinasi mitra, informasi dan perencanaan, keahlian teknis, dukungan operasional dan logistik, di mana WHO menyediakan alat tes awal sebelum tersedia secara komersial dan menyediakan protokol tes untuk diagnosis Covid-19 pada Maret 2020.

Dr Lo mengatakan tindakan signifikan telah diambil oleh pemerintah Malaysia juga secara proaktif berkomunikasi dengan publik.

"Pemerintah Malaysia berusaha keras untuk memastikan pendekatan komprehensif untuk komunikasi risiko dan keterlibatan masyarakat dan bekerja untuk membangun kepercayaan dengan masyarakat," jelasnya.

"Sejak awal, pemerintah mempromosikan sumber informasi tepercaya untuk memastikan masyarakat memiliki akses ke informasi yang tepat waktu dan akurat tentang perkembangan Covid-19 terbaru dan untuk mengimbangi risiko infodemik, serta fokus pada kampanye media massa dan pemantauan media," lanjutnya.

Baca Selanjutnya: WHO juga mendukung upaya Kemenkes...

Halaman

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami