WHO: Vaksin Virus Corona Belum Pasti, Bisa Jadi Perlu Waktu Setahun

WHO: Vaksin Virus Corona Belum Pasti, Bisa Jadi Perlu Waktu Setahun
DUNIA | 26 Juni 2020 11:03 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Dirjen Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan belum bisa memastikan apakah para ilmuwan mampu menciptakan vaksin untuk melawan virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19 dalam waktu dekat. Diperkirakan butuh waktu satu tahun sebelum satu vaksin dikembangkan.

Berbicara melalui konferensi video kepada para wakilnya dari Komite Kesehatan Parlemen Eropa, Ghebreyesus mengatakan jika nanti vaksin bisa berhasil ditemukan, harus bisa tersedia untuk semua kalangan masyarakat.

"Akan sangat sulit mengatakan dengan pasti kita akan memiliki vaksin," ujarnya, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (26/6).

"Kita belum pernah punya vaksin untuk virus corona. Jadi begini, ketika berhasil ditemukan, berharap akan ditemukan, itu akan menjadi yang pertama," lanjutnya.

Ghebreyesus mengatakan, WHO memiliki lebih dari 100 kandidat vaksin, yang mana salah satunya sedang dalam pengembangan tingkat lanjut.

"Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya adalah kita mungkin memiliki vaksin dalam satu tahun. Jika dipercepat, bisa jadi bahkan kurang dari setahun, tetapi dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan," pungkasnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Ahli Penyakit Menular AS Yakin Vaksin Covid-19 Tersedia Akhir Tahun Ini
Vaksin Corona dari China Masuki Tahap Ketiga Uji Klinis di Uni Emirat Arab
Gugus Tugas Palembang Ungkap Penyebab Positif Covid-19 Terus Bertambah
Ilmuwan Italia: Keganasan Virus Corona Memudar dan Bisa Mati Sendiri Tanpa Vaksin
WHO Prioritaskan Tiga Kelompok Pertama untuk Diberi Vaksin Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5