Yoshihide Suga Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru Jepang Gantikan Shinzo Abe

Yoshihide Suga Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru Jepang Gantikan Shinzo Abe
DUNIA | 16 September 2020 15:06 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pemimpin partai berkuasa Jepang, Yoshihide Suga terpilih sebagai perdana menteri dalam pemungutan suara parlemen Rabu, menjadi perdana menteri baru pertama negara itu dalam hampir delapan tahun.

Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa menggunakan mayoritasnya di majelis rendah parlemen, yang berwenang memilih perdana menteri, untuk memilih Suga sebagai pemimpin negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia ini yang tengah berusaha pulih dari pandemi virus corona.

Setelah pemungutan suara, Suga akan memasuki Kantor Perdana Menteri sebagai pemimpin baru dan menunjuk anggota kabinetnya langsung pada hari ini, demikian dikutip dari Hindustan Times, Rabu (16/9).

Penunjukan Suga, dua hari setelah dia terpilih sebagai pemimpin LDP, menutup catatan rekor Perdana Menteri Shinzo Abe selama hampir delapan tahun berturut-turut di posisi puncak pimpinan negara. Suga yang berusia 71 tahun, yang sebelumnya menjadi tangan kanan Abe, telah berjanji untuk mempertahankan sikap fiskal fleksibel mantan bosnya dan kebijakan moneter yang sangat mudah yang dikenal sebagai "Abenomics".

Berbeda dengan silsilah politik Abe, Suga berasal dari daerah pedesaan di utara Jepang dan bekerja di pabrik kotak kardus ketika dia pertama kali pindah ke Tokyo. Dia menempuh jalannya melalui universitas, sebelum memulai karir politiknya sebagai sekretaris seorang politikus. Dia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 1996.

Rumah Suga di prefektur Akita, tempat keluarganya bertani stroberi, adalah salah satu daerah yang paling terpengaruh oleh kelesuan ekonomi yang lahir dari populasi Jepang yang menyusut dan menua.

Baca Selanjutnya: Sementara Suga telah berjanji untuk...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami