Yunani hukum polisi yang memaki & hina pengungsi tua saat antre makanan

DUNIA | 22 Oktober 2018 05:31 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Kepolisian Yunani menghukum seorang anggotanya setelah video menunjukkan polisi itu secara verbal melecehkan seorang wanita tua di penampungan pengungsi dengan kalimat kasar bernada rasis.

Wanita itu berdiri di antrean panjang menunggu makanan dibagikan di penampungan terbesar Yunani di Moria di pulau Lesbos di laut Aegea, ketika polisi itu menghinanya.

Polisi menyatakan akan melakukan penyelidikan ke dalam atas kejadian itu dengan tuduhan rasisme dan juga akan memeriksa apakah tiga petugas lain di video tersebut juga harus diskors. Ketiga petugas itu berdiri di dekatnya tapi tidak bertindak,” tulis Reuters, Minggu (21/10).

Serangan terhadap pengungsi meningkat di Yunani sejak arus pengungsi melonjak pada 2015. Kampung Moria sejak lama dinyatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan hak asasi manusia penuh sesak dan tidak layak untuk manusia. Kebanyakan pengungsi berasal dari Irak, Suriah dan Afghanistan.

Lebih dari 7.300 pengungsi berada di bekas markas tentara dalam kumpulan peti kemas dan tenda tipis, dua kali lipat lebih banyak dari daya tampung 3.100 orang.

Sejumlah lembaga kemanusiaan juga mencatat kekerasan terhadap pengungsi di Yunani terus meningkat.

Baca juga:
Langka, jaring laba-laba di Yunani ini membentang hingga 1.000 meter
Senja kala nelayan Yunani
Mencekamnya Desa Mati di Yunani usai dilalap kebakaran hebat
Kebakaran besar terjadi di Yunani, 24 orang tewas 150 terluka
Puluhan tewas dan ratusan cedera dalam musibah kebakaran hebat di Yunani
Negara-negara ini 'jual' pulau, berapa harganya?

(mdk/ian)