1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE

Menguak asal-usul istilah wadam yang beredar di media sosial

Ilustrasi (Pixabay)
1 April 2018 19:03
Reporter : Stella Maris

Istilah wadam telah lama dikenal dalam...

Feed.merdeka.com - Media sosial tengah ramai membincangkan tentang artis cantik Lucinta Luna. Dia disebut-sebut seorang transgender.

Dari bukti-bukti yang beredar di media sosial tentang perubahan Lucinta Luna yang diduga punya nama asli Muhammad Fattah itu, muncul kata 'baru'.

Beberapa publik figur menggunakan kata wadam yang merupakan kepanjangan dari wanita adam. Nah tahukah Anda asal-usul istilah wadam?

Dalam buku yang ditulis Arief Budiman, Kebebasan, Negara, Pembangunan dijelaskan bahwa istilah wadam telah lama dikenal dalam psikologi, khususnya psikologi abnormal.

Persoalan wadam dimasukkkan dalam kategori kelainan dalam tingkah laku di bidang seksual, tergolong gangguan kepribadian dalam hubungan sosial, dan merupakan salah satu penjelmaan dari gejala perkembangan kepribadian tak wajar.

Wadam merupakan kelainan identifikasi diri, di mana laki-laki berperan sebagai wanita dan sebaliknya. Istilah itu dikenal dengan sebutan banci.

Nah di Indonesia, istilah wadam muncul pada 1968 dan digunakan sebagai pengganti kata banci atau bencong. Istilah-istilah tersebut dianggap bercitra negatif oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Tahun berikutnya, didirikan organisasi wadam yaitu Himpunan Wadam Djakarta (HIWAD). Kurang lebih sekitar 1980-an, istilah wadam diganti menjadi waria atau wanita pria.

Istilah tersebut diganti karena sebagaian besar dan tokoh Islam keberatan dengan adanya nama Adam. Mereka menilai, Adam adalah nama nabi pertama bagi umat Islam. 

 

 

WHAT DO YOU THINK
MORE STORIES

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM

Copyright © 2018 merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.