1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN

Benarkah ayam tak boleh dicuci sebelum dimasak?

Ilustrasi ayam di dalam kulkas (hgtv.com)
12 April 2018 13:02
Reporter : Dwifantya Aquina

Ada beberapa kelemahan dari daging ayam dibanding daging lainnya yang harus Anda perhatikan.

Feed.merdeka.com - Ayam adalah salah satu daging yang paling serbaguna, bisa dimasak dengan cara apapun mulai dari digoreng, dipanggang, direbus maupun dikukus.

Daging ayam juga cukup murah dan rendah lemak, sehingga menjadikannya pilihan populer di daftar belanja para ibu rumah tangga di seluruh dunia.

Namun, ada beberapa kelemahan dari daging ayam dibanding daging lainnya. Anda harus berhati-hati saat menyimpan, menyiapkan, dan memasaknya.

Bahkan ketika memasukkannya ke dalam kulkas, Anda harus berhati-hati.

Melansir Mirror.co.uk, ahli gizi anak, Banyak Sacher memiliki beberapa peringatan penting. Jangan pernah menyimpan ayam di rak paling atas kulkas.

"Ketika membongkar barang belanjaan setelah berbelanja, banyak dari kita cenderung terburu-buru dan memasukkan segala sesuatu ke kulkas. Namun, makanan berisiko tinggi seperti ayam, sebaiknya simpan ini di rak paling bawah, untuk mengurangi kontaminasi silang dari cairan daging yang menetes ke makanan lain," kata dia.

Itu bukan satu-satunya saran ayam yang dia miliki. Saat menyiapkannya, Anda sebaiknya tidak mencucinya, karena dengan melakukannya tetesan kecil bakteri mudah menyebar di sekitar dapur dan permukaan sekitarnya.

"Sebaliknya, Anda dapat menggunakan handuk kertas dan menepuk ayam agar kering. Atau alternatif yang lebih aman adalah dengan mengabaikan mencuci sepenuhnya dan segera mulai memasak," terangnya.

 

WHAT DO YOU THINK
MORE STORIES

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM

Copyright © 2018 merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.