1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE

Jangan lakukan 7 hal ini sebelum tidur!

24 Februari 2018 16:06
Reporter : Stella Maris

Salah satunya menghindari tempat tidur untuk...

Feed.merdeka.com - Pada saat istirahat tubuh bekerja mengeluarkan racun dalam tubuh dan membentuk nutrisi baru. Oleh karena itu, Anda perlu waktu yang cukup agar tubuh dapat bekerja maksimal.

Namun terkadang, ada saja hal yang dilakukan sebelum tidur meski sudah saatnya untuk mengistirahatkan diri. Nah kira-kira hal apa saja yang harus dihindari dan sebaiknya tak dilakukan sebelum tidur? Dikutip laman Bussines Insider, berikut tujuh daftarnya:

1. Teknologi
Semakin banyak penelitian menunjukkan, menatap layar biru dan putih dari ponsel dapat mencegah otak melepaskan hormon melatonin. Hal itu dapat membuat Anda jadi sulit tidur.

2. Pil
Jangan minum pil tidur untuk mengistirahatkan diri, kecuali Anda adalah penderita penyakit tertentu seperti insomnia. Lalu kalau susah tidur bagaimana?

Susah tidur bukan berarti Anda adalah penderita insomnia dan jika mengonsumsi pil tidur, dipastikan tak banyak memberi banyak pengaruh untuk tubuh.

3. Alkohol
Tak sedikit orang meyakini bahwa alkohol dapat membantu tidur lebih cepat. Padahal sebaliknya, kebiasaan minum alkohol sebelum tidur justru dapat menyebabkan insomnia.

4. Tempat Tidur
Bekerjalah sesuai tempatnya. Ya, Anda tak disarankan bekerja di atas tempat tidur. Para ahli menyarankan agar Anda menyelesaikan pekerjaan lebih dulu, sebelum memutuskan untuk tidur.

5. Kafein
Sebuah studi mengungkap bahwa mengonsumsi 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur, dapat mengganggu waktu istirahat Anda. Ada baiknya waktu terakhir mengonsumsi kopi adalah jam lima sore.

6. Lemak
Penelitian menunjukkan bahwa makan berlemak tinggi sebelum tidur dapat melukai waktu kualitas tidur, terutama wanita. Bila lapar di malam hari, para ahli merekomendasikan makan makanan dari biji-bijian yang mengandung protein, seperti roti gandum.

7. Olahraga
Para ahli merekomendasikan untuk menghindari olahraga berat di malam hari. Itu karena sebagian kerja tubuh meningkat saat latihan (kardio) yang membuat Anda sulit tidur. Nah sebagai gantinya, Anda disarankan untuk melakukan yoga atau peregangan sederhana yang bisa membantu tubuh lebih rileks.

WHAT DO YOU THINK
MORE STORIES

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM

Copyright © 2018 merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.