1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE

Ketika Ratu Elizabeth II disebut keturunan Nabi Muhammad

royal.uk
12 April 2018 17:03
Reporter : Stella Maris

Sang Ratu juga merupakan keturunan dari seorang...

Feed.merdeka.com - Ratu Elizabeth dinobatkan menjadi pemimpin kerajaan Inggris pada 1953 hingga saat ini. Meski menjadi pemimpin tertinggi di Kerajaan Inggris, bukan berarti nama Ratu Elizabeth II tak menjadi perbincangan dunia.

Salah satunya Ratu Elizabeth II disebut sebagai keturunan Nabi Muhammad. Benarkah?

Kabar tersebut tersebar luas karena klaim dari beberapa sejawaran. Para sejarawan mengklaim telah menelusuri silsilah keluarga Ratu Elizabeth dan Nabi Muhammad bahwa keduanya dari 43 generasi terakhir.

Klaim itu bukan barang baru, karena pernah dicetuskan pertama kali pada tahun 1986 oleh Burke's Peerage, otoritas Inggris yang menangani silsilah keluarga Monarki Britania Raya.

Namun, klaim tersebut kembali mencuat baru-baru ini, berkat pemberitaan sebuah surat kabar Maroko, Al Ousboue yang kembali menegaskan silsilah tersebut. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail.

Al Ousboue melakukan penelusuran garis silsilah Ratu Elizabeth II dan menemukan bahwa ratu merupakan keturunan ke-43 dari Nabi Muhammad SAW. Garis darahnya mengalir melalui Earl of Cambridge dari abad ke-14 ke Muslim Spanyol sepanjang abad pertengahan kemudian ke putri Nabi, Fatimah.

Sang Ratu juga merupakan keturunan dari seorang putri Muslim bernama Zaida, yang meninggalkan kota kelahirannya di Sevilla pada abad ke-11 sebelum pindah ke agama Kristen.

Zaida adalah istri keempat Raja Al Mu'tamid Bin Abbad dari Sevilla. Dia melahirkan seorang putra bernama Sancho, yang keturunannya kemudian menikahi Earl of Cambridge dari Kerajaan Inggris pada Abad ke-11.

Klaim Peerage juga didukung oleh sebuah riset genealogi dari Spanyol dan penelusuran mantan mufti agung Mesir, Ali Gomaa yang membuktikan hal serupa.

Kendati demikian, klaim itu tetap disikapi secara skeptis oleh sejumlah sejarawan lain dan beberapa media.

Majalah Inggris, the Spectator, menunjukkan asal-usul Zaida 'bisa diperdebatkan' dan 'tak pasti', sehingga, klaim bahwa Ratu Elizabeth II merupakan keturunan Nabi Muhammad berlandaskan pada fakta yang lemah.

(Foto: royal.uk)


Reporter: Rizki Akbar Hasan
Sumber: Liputan6.com

WHAT DO YOU THINK
MORE STORIES

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM

Copyright © 2018 merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.