1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN

Lebih sehat mana, memasak dengan mentega atau minyak goreng?

28 November 2017 10:01
Reporter : Dwifantya Aquina

Anda pasti tak akan percaya, ternyata yang lebih buruk untuk kesehatan adalah...

Feed.merdeka.com - Minyak digunakan untuk memasak, menggoreng dan menumis. Kegunaan minyak dalam memasak dapat digantikan dengan mentega ataupun margarine. Hal ini merupakan hal yang wajar karena memiliki fungsi yang sama, yakni memperlezat masakan.

Namun yang kerap jadi perdebatan adalah apa perbedaan dua jenis bahan baku untuk memasak ini dan mana yang lebih sehat untuk digunakan. Pada dasarnya lemak terdiri dari lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh banyak terdapat pada lemak hewan dan mentega, sedangkan lemak tidak jenuh banyak terdapat pada minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak wijen, minyak zaitun dan lemak yang berasal dari tumbuhan lainnya.

Masakan Asia lebih banyak menggunakan berbagai jenis minyak, sedangkan masakan gaya barat, sebaliknya, bergantung pada mentega dan kadang minyak zaitun. Jadi mana yang lebih sehat? Mari kita mulai dengan memahami perbedaan antara keduanya.

Minyak umumnya terdiri dari lemak tak jenuh, yaitu mono-unsaturated dan poly-unsaturated, sedangkan mentega memiliki rasa asin dan memiliki lemak jenuh lebih dalam bentuk protein mentega dan protein susu dan juga sejumlah air di dalamnya. Meskipun mentega mengandung lemak jenuh namun lemak ini sehat untuk jantung sedangkan lemak tak jenuh ganda (asam lemak omega 6) dalam minyak adalah lemak tak diinginkan yang dapat menyebabkan peradangan, dan harus dihindari.

"Saya yakin seseorang harus mencoba dan mendapatkan semua asam lemak esensial dalam jumlah kecil. Rumus saya adalah tiga sendok teh lemak sehari untuk memasak; satu sendok teh dari ghee atau mentega dan lain-lain, dua sendok teh dari minyak nabati atau semua minyak seperti minyak wijen," kata Shalini Manglani, pakar Wellness and Weight Management di Bangalore, dikutip dari food.ndtv.com.

Shalini percaya bahwa dengan cara ini Anda bisa mendapatkan kombinasi lemak tak jenuh dan jenuh. "Orang-orang dengan masalah jantung bisa mengurangi jumlah lemak jenuh, semua lemak memiliki manfaat dan dapat digunakan di dapur seseorang. Mentega, mentega putih, krim dan ghee mengandung vitamin A dan B12 yang tinggi dan harus menjadi bagian dari makanan seseorang. Asupan lemak total, tapi karena mereka, seperti minyak kelapa, adalah lemak jenuh, mereka dapat digunakan dalam jumlah terbatas. Jika menyangkut lemak makanan, yang paling penting adalah jenis lemak yang Anda makan. Berlawanan dengan saran diet masa lalu yang mempromosikan makanan rendah lemak, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa lemak sehat itu penting dan bermanfaat bagi kesehatan."

Mentega Vs Minyak zaitun

Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu minyak yang lebih sehat karena mengandung lemak tak jenuh. Tapi bagaimana cara membandingkannya dengan mentega? Para ahli mengatakan bahwa kehadiran lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menyebabkan peradangan sementara mentega yang memiliki jumlah vitamin K2 lebih tinggi mungkin lebih baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi baru-baru ini juga menyarankan hal ini. "Studi baru ini menganalisis sembilan makalah yang mencakup lebih dari 600.000 orang dan menyimpulkan bahwa mengkonsumsi mentega tidak terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dan mungkin sedikit protektif terhadap diabetes tipe 2," kata penulis Dr Dariush Mozaffarian, dekan Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts di Boston.

Selain itu, ini adalah fakta yang diketahui bahwa mentega ternyata lebih aman untuk memasak dalam kondisi api yang besar karena minyak zaitun tidak stabil dengan panas dan mudah teroksidasi pada suhu tinggi. Menggoreng makanan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai media harus dihindari, seperti yang disarankan oleh para ahli.

Lemak penting dalam makanan kita karena memberi energi pada kita untuk berfungsi, namun harus digunakan dengan hati-hati dan dalam jumlah terbatas untuk mencegah obesitas dan efek berbahaya lainnya yang diketahui. Apapun yang Anda pilih, buatlah pilihan yang tepat dan sertakan dalam makanan Anda sesuai dengan takaran.

 

FOTO: Express.co.uk

WHAT DO YOU THINK
MORE STORIES

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM

Copyright © 2018 merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.