1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN

Umur anda pendek jika tidur saja kayak gini...

Ilustrasi tidur
27 September 2017 15:44
Reporter : Ita Malau

Tahukah Anda, kekurangan tidur satu malam saja akan mempengaruhi detak jantung. Jam demi jam.

Feed.merdeka.com - Orang yang ingin umur panjang biasanya rajin berolah raga, makan makanan yang sehat dan alami, dan menjauhi junk food. Eits, tapi itu saja tidak cukup!

Percuma semua itu Anda lakukan, jika Anda masih doyan bergadang. Ya, tidur adalah salah satu faktor penentu penting apakah umur Anda panjang atau pendek.

Sejumlah ilmuwan masih giat meneliti salah satu aktivitas manusia yang satu ini. Sejauh ini, para pakar sepakat bahwa tubuh manusia bisa berfungsi dengan baik jika cukup tidur, antara 8 hingga 9 jam bagi orang dewasa.

Sayangnya, tidur kerap diidentikkan dengan kemalasan bahkan memalukan. Tak heran, orang modern di dunia digital saat ini kurang kerap kurang dari enam jam. "Terutama di negara-negara berkembang," kata Matthew Walker, seorang ilmuwan dan peneliti tidur manusia. Walker juga merupakan direktur di Center for Human Sleep Science di University of California, demikian dikutip dari laman The Guardian.

Akibatnya, banyak orang yang ingin terlihat sibuk dan salah satu cara mengekpresikan hal itu dengan sedikit tidur," jelasnya. Lebih kacau lagi, kian banyak orang yang mengganggap kondisi mereka itu sebagai "lencana kehormatan."

Faktor lain yang menyebabkan manusia modern kekurangan jam tidur adalah cahaya non alami seperti lampu dan cahaya gadget yang memang menstimulasi mata untuk terus melek.

Padahal, imbuh dia, kekurangan tidur akan mengundang berbagai penyakit mengerikan. Mulai dari Alzheimer, diabetes, obesitas, kesehatan mental yang kurang, hingga kanker. Relasi kekurangan tidur dengan penyakit mematikan itu dia bahas tuntas dalam buku Why We Sleep. Walker menghabiskan 4,5 tahun untuk menyelesaikan buku yang mengupas tuntas efek tidur pada tubuh manusia itu.

Apa yang terjadi jika Anda kurang tidur?

Bukti yang disodorkan Walker berikut ini mungkin bisa memaksa Anda untuk mempercepat jam tidur. Tak ada pilihan lain!

Karena, tanpa tidur berarti penyakit dan tubuh dengan minim energi. Sementara tidur yang cukup berarti sehat dan vitalitas.

Ada relasi yang jelas di sini: semakin kurang tidur Anda, semakin pendek pulalah umur Anda.

Nih salah satu contoh bukti yang disodorkan Walker. Orang dewasa berusia 45 tahun yang tidur kurang dari 6 jam semalam, 200 persen kemungkinan akan mendapat serangan jantung atau stroke dalam kehidupan mereka. Ini dibandingkan dengan orang dewasa dengan usia sama, namun tidur tujuh atau 8 jam semalam.

Tahukah Anda, kekurangan tidur satu malam saja akan mempengaruhi detak jantung. Jam demi jam.

Butuh bukti lagi? Kurang tidur juga ternyata mengurangi efektivitas kontrol tubuh terhadap kadar gula dalam darah. Dalam berbagai eksperimen terbukti, sel-sel tubuh kurang responsif terhadap insulin jika orang tersebut kurang tidur.

Demikian juga dengan berat tubuh yang cenderung naik jika Anda kekurangan tidur. Jadi, masih bangga karena Anda sibuk dan kurang tidur? 

WHAT DO YOU THINK
MORE STORIES

DOWNLOAD APP MERDEKA.COM

Copyright © 2018 merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.