10 Desa Terindah di Dunia, 2 Ada di Indonesia

GAYA | 15 Oktober 2019 09:16 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Siapa bilang desa itu membosankan? Desa kerap diidentikkan dengan kesan kuno, membosankan, atau tak tersentuh kecanggihan teknologi. Tetapi lain ceritanya kalau mampir ke desa-desa terindah di dunia ini.

Mulai dari Albarracin di Spanyol hingga Reine di Norwegia, berikut ini desa-desa terindah di dunia versi Easemytrip.

1 dari 10 halaman

Desa Albarracin - Spanyol

Albarracin. Shutterstock

Desa yang terletak di provinsi Teruel, Spanyol ini masih memiliki nuansa abad pertengahan yang sangat kental. Selain bernuansa abad pertengahan, uniknya lagi rumah-rumah di desa ini dibangun dengan material-material ringan dan dibangun di atas bukit.

Kamu akan merasakan sensasi tinggal di desa bernuansa abad pertengahan, karena kamu akan melihat bangunan yang menyerupai benteng batu yang menghiasi sudut kota di perbukitan. Ditambah lagi udara di kota ini sejuk.


2 dari 10 halaman

Desa Bibury - Inggris

Bibury. Shutterstock

Desa kecil ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para traveler. Pasalnya desa ini menawarkan keindahan yang cukup unik bak di negeri dongeng. Jika kamu ingin mengunjungi desa ini, waktu yang tepat adalah saat musim semi.

Hal ini dikarenakan desa ini akan tampak makin indah di musim semi karena akan banyak bermunculan bunga-bunga yang sangat indah dengan warnanya yang warna-warni di sekitar desa.


3 dari 10 halaman

Desa Wengen - Swiss

Wengen, Swiss. Shutterstock

Desa terindah berikutnya terletak di Bernese Oberland, Swiss. Desa ini berlatar belakang pegunungan Alpen serta villa tradisional yang terbuat dari kayu. Hal inilah yang menjadikan Desa Wengen sebagai desa dengan panorama alam yang sangat indah.

Uniknya, sejak 100 tahun silam kendaraan bermotor dilarang memasuki desa yang berada di Bernese Oberland. Hal tersebut, tentu membuat lingkungan di desa ini terjaga dari polusi dan tentu udara di desa ini bersih dan segar.


4 dari 10 halaman

Desa Penglipuran - Indonesia

Penglipuran. Instagram/maja_sretic

Ini adalah Penglipuran, desa adat di Bangli, Bali. Pemukiman tradisional yang letaknya tak jauh dari Kintamani ini tak hanya dikenal karena keindahannya. Penglipuran juga disebut-sebut sebagai salah satu desa paling bersih di dunia.

Penglipuran merupakan kawasan wisata yang sangat populer. Tetapi desa ini tetap bisa mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. Penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga utuh. Begitu juga dengan 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi yang masih terawat. Bahkan inilah yang menjadi ciri khas Penglipuran di mata dunia.


5 dari 10 halaman

Desa Hallstatt - Austria

Hallstatt. Shutterstock

Hallstatt merupakan salah satu pemukiman tertua di Eropa yang dijuluki sebagai desa paling indah karena panoramanya yang luar biasa. Desa Hallstatt ini menawarkan keindahan panorama danau yang tiada duanya.

Desa ini sendiri terletak di antara Kota Graz dan Salzburg. Saking indahnya pemandangan desa ini bisa buat kamu betah berlama-lama untuk tinggal di sini. Perpaduan panorama danau yang menenangkan dan suasana pegunungan bisa bikin hati kamu tenang.


6 dari 10 halaman

Desa Reine - Norwegia

Reine, Norwegia. Shutterstock

Desa Reine ini siap memanjakan matamu dengan keindahan panoramanya yang tidak ada habisnya. Desa tercantik di dunia ini menawarkan pemandangan pegunungan dengan desain rumah-rumah unik berwarna merah dan putih.

Di sini, kamu bisa melihat penampakan Aurora atau Cahaya Utara di malam hari yang tidak bisa ditemukan di penjuru dunia yang lain.


7 dari 10 halaman

Giethoorn - Belanda

Giethoorn. Shutterstock

Giethoorn adalah sebuah desa unik dengan julukan Venesia dari Belanda. Tempat ini disebut sebagai desa paling bersih sedunia.

Alih-alih jalan, rumah-rumah warga di Giethoorn dihubungkan oleh sungai. Karena itulah, warga Giethoorn harus menggunakan perahu sebagai sarana mobilitas utama.


8 dari 10 halaman

Pariangan - Indonesia

Pariangan. Instagram/ikbal.mi/kabarminang

Pariangan merupakan sebuah pemukiman tradisional Minangkabau. Letaknya di Tanah Datar, Sumatera Barat. Daya tarik utama desa ini adalah arsitektur rumah-rumahnya yang masih konvensional. Masjid bersejarah yang ada di sini juga menjadi atraksi tersendiri bagi wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung ke Pariangan.

9 dari 10 halaman

Oia - Yunani

Oia, Yunani. Shutterstock

Berlokasi di puncak bukit Santorini yang sudah tersohor keindahannya, Oia pun menjadi salah satu desa dengan pemandangan terindah di dunia. Lokasi Oia memungkinkan wisatawan menyaksikan kaldera Santorini dan pemukiman bernuansa putih yang tak pernah gagal menjadi objek foto keren.

10 dari 10 halaman

Juzcar - Spanyol

Juzcar. Instagram/spaining_around/world_spain

Juzcar dikenal sebagai desa Smurf, karena keseluruhan pemukiman itu dicat dengan warna biru untuk merayakan rilisnya film Smurf. Bertahun-tahun kemudian, warga Juzcar masih mempertahankannya. Tempat ini pun menjadi salah satu desa wisata yang populer di Spanyol.

Itulah desa-desa dengan pemandangan paling indah di dunia. Sudah pernah mengunjungi salah satunya?

Reporter: Afifah Cinthia Pasha
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Keunikan Tower of Hercules, Mercusuar Tertua di Dunia
Gunung Popa, Rumah 37 Roh Terkuat di Myanmar
Melihat Penginapan Langganan Menteri Susi di Kabupaten Natuna
Conde Nast Traveler Nobatkan Siargao, Filipina Sebagai Pulau Terbaik di Dunia
Pesona Menorca Island, Pulau dengan Pantai Sebening Kristal