10 Do's dan Don't's untuk Kulit Tubuh Ekstra Kering

10 Do's dan Don't's untuk Kulit Tubuh Ekstra Kering
GAYA | 28 Mei 2020 02:03 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kebanyakan orang memiliki kulit wajah yang kombinasi atau berminyak, sementara kulit tubuh mereka cenderung kering. Beberapa orang bahkan memiliki kulit tubuh yang sangat kering hingga kerap mengalami pengelupasan atau kulit bersisik.

Tak cukup sekadar lotion atau body butter untuk mengatasi kulit tubuh yang sangat kering. Meskipun kebanyakan masalah kulit kering berasal dari faktor genetik, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kulit jadi semakin kering. Mulai dari faktor lingkungan hingga kebiasaan sehari-hari. Ada baiknya jika kita bisa mengeliminasi penyebab-penyebab itu.

Berikut ini kami tampilkan beberapa tips mengenai hal-hal yang sebaiknya dilakukan atau dihindari jika memiliki kulit kering.

1 dari 10 halaman

Do: Mandi dengan Air Dingin

ilustrasi mandi

©Shutterstock

Mandi dengan air hangat cenderung membuat kulit kering. Air hangat membuat pori-pori terbuka dan menyapu kelembapan yang tersisa dari permukaannya. Lebih baik mandi menggunakan air dingin atau suam-suam kuku saja.

2 dari 10 halaman

Dont: Mandi Terlalu Lama

ilustrasi mandi

©Shutterstock

Para ahli dermatologi menyarankan setiap orang untuk mandi tidak lebih dari 5 atau 10 menit saja. Sebagus apa pun shower cream atau shower gel yang digunakan, mandi tetap bisa mengikis lipid. Jadi sebaiknya tidak berlama-lama di kamar mandi.

 

 

3 dari 10 halaman

Do: Pakai Shower Cream Kaya Pelembap

ilustrasi mandi

©Shutterstock

Agar ritual mandi tidak menjadikan kulit kering, sebaiknya gunakan shower cream atau shower gel yang kaya pelembap. Jangan puas dengan sensasi kesat pada kulit setelah mandi. Bukan bersih, ini justru tanda-tanda kulit yang kehilangan kelembapan. Shower cream yang kaya pelembap biasanya memang tidak menyisakan sensasi kesat. Memang rasanya kurang segar, tetapi sebaiknya dibiasakan saja.

4 dari 10 halaman

Dont: Pakai Sabun Anti-bakteri

Sabun anti-bakteri biasanya mengandung triclosan dan sulfat. Keduanya bisa menjadikan kulit kering. Sabun dengan parfum berlebihan biasanya juga memberikan efek yang sama.

5 dari 10 halaman

Do: Pakai Lotion Langsung setelah Mandi

ilustrasi pelembap

©Pixabay

Cara sederhana ini efektif untuk menjaga kelembapan kulit lebih lama. Setelah mandi dan kulit tubuh dikeringkan handuk, segera oleskan body lotion atau body butter. Setelah mandi kulit masih menyimpan sedikit kelembapan dari air mandi. Sebelum menguap, sebaiknya segera 'dikunci' dengan lotion.

6 dari 10 halaman

Dont: Tidak Mengoleskan Ulang Pelembap

Kebanyakan orang tidak menyukai pelembap yang konsistensinya terlalu pekat. Pasalnya pelembap seperti ini memang bisa memberikan sensasi lengket dan tak nyaman, meskipun khasiat melembapkannya juga lebih tahan lama.

Jika kamu lebih menyukai pelembap yang ringan, sebaiknya gunakan setiap beberapa jam sekali. Dengan begitu kulit senantiasa terhidrasi, meskipun kamu beraktivitas di ruangan ber-AC atau di bawah terik matahari.

7 dari 10 halaman

Do: Eksfoliasi secara Teratur

Eksfoliasi tak hanya penting untuk meremajakan kulit. Pengelupasan sel kulit yang sudah mati juga dibutuhkan agar sel terangsang untuk membentuk kulit baru yang lebih sehat dan lembap. Setelah dieksfoliasi dengan scrub, biasanya kulit langsung terasa lebih lembut dan kencang.

Gunakan bahan-bahan alami yang dikombinasikan dengan minyak tumbuhan seperti kelapa, zaitun, atau biji anggur. Setelah itu jangan lupa untuk mengoleskan kembali pelembap tubuh.

8 dari 10 halaman

Dont : Eksfoliasi terlalu Sering

Walaupun bermanfaat besar bagi kulit, eksfoliasi juga bisa jadi pisau bermata dua. Terutama jika kita melakukannya terlalu sering. Tanda-tandanya adalah kulit yang terasa ketat dan gatal. Sebaiknya lakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu saja. Lebih dari itu, kulit justru mudah teriritasi.

9 dari 10 halaman

Do: Makan Buah dan Sayur Setiap Hari

ilustrasi makanan sehat

©Pixabay

Jangan remehkan kekuatan nutrisi, karena apa pun yang kamu makan akan berpengaruh pada penampilan kulitmu. Konsumsi buah dan sayur dalam porsi yang cukup setiap hari. Jangan lupakan sumber protein dan asam lemak sehat seperti ikan laut, kedelai dan telur.

10 dari 10 halaman

Dont: Jarang Minum Air Putih

ilustrasi minum air

©Shutterstock/Dragon+Images

Meskipun sudah mengonsumsi nutrisi yang baik, kulit masih bisa mengalami dehidrasi. Pastikan untuk minum air dalam jumlah cukup setiap hari. Minimal 8 gelas dan sebaiknya pilih air putih, teh tawar, atau jus tanpa tambahan pemanis. Minuman dalam kemasan seperti jus dalam karton, soda, atau milkshake justru menjadikan kulit kusam jika dikonsumsi terlalu sering.

Itulah beberapa tips seputar kulit kering yang perlu diterapkan setiap hari. Dengan membiasakan diri melakukan atau menghindari poin-poin tips di atas, masalah kulit kering bisa diatasi tanpa menggunakan produk perawatan berharga mahal. Karena kulit cantik itu sebenarnya berawal dari kebiasaan.

Sumber: Boldsky, American Academy of Dermatology Association, StyleCaster (mdk/tsr)

Baca juga:
10 Skincare berbahan aloe vera yang patut dicoba
4 Cara manfaatkan pare untuk perawatan kecantikan
Minyak almond, resep rahasia Gwyneth Paltrow cegah stretchmark saat hamil
Keringat berlebih bikin hilang pede? Minum jus ini untuk mengatasinya
Wajib dicoba, tips perawatan tubuh warisan Cleopatra

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5