10 Kedai Mi Legendaris di Malang yang Sajikan Cwie Mie Terenak

GAYA » MALANG | 28 Februari 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kota Malang punya banyak makanan enak dan berharga murah. Tetapi yang paling identik dengan kota berhawa sejuk ini mungkin bakso dan mi.

Olahan mi yang paling khas dari kota Malang adalah cwie mie, berupa mi tipis yang dibumbui dengan minyak ayam dan disajikan sederhana bersama daging ayam cincang, sawi rebus, bawang goreng, acar mentimun rawit, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit.

Cwie mie yang juga disebut dengan nama pangsit mie atau mie pangsit oleh warga sangat mudah dijumpai nyaris di setiap sudut kota. Baik yang dijajakan di warung, depot, atau gerobak kaki lima di bawah pohon.

Warga Malang tentunya punya tempat-tempat favorit untuk jajan cwie mie dari yang murah meriah sampai legendaris. Kalau kamu kebetulan mampir ke Malang, silakan cicipi cwie mie atau pangsit mie di tempat-tempat berikut.

1 dari 10 halaman

Mie Setan Noodle n Dimsum

Mie Setan. ©Instagram/juliachan_real

Meskipun namanya mie setan, kalau diperhatikan baik-baik sebenarnya sajian yang tengah digemari anak muda ini mengambil pakem cwie mie dalam penyajian. Hanya saja mi diurap bersama cabai rawit tumbuk agar semakin nendang di lidah.

Mie Setan ini awalnya cuma ada di Jalan Bromo. Tetapi sekarang cabangnya sudah tersebar di mana-mana, antara lain di Jalan Gajayana, Raya Tlogomas, Hamid Rusdi, Sawojajar, dan Borobudur.

Selain mie setan, mereka juga punya mie iblis yang sama-sama pedas menggigit dengan sentuhan kecap manis, mie tarik, dan dimsum.

Alamat: Jalan Bromo 1A, Kauman, Klojen, Malang
Buka: 10.00-22.30 WIB (setiap hari)

©Instagram/juliachan_real

2 dari 10 halaman

Hot Cui Mie

Hot Cui Mie. ©Instagram/karinanovia_

Kedai mie yang satu ini juga legendaris, namun sekarang sudah berinovasi dengan menawarkan berbagai menu yang variatif. Selain cwie mie, ada pula song mie, mie wonton, dan menu lainnya. Topping yang ditawarkan bermacam-macam, begitu juga dengan penyajiannya yang semakin kreatif. Menggunakan kerupuk pangsit lebar sebagai pengganti mangkuk misalnya.

Alamat: Ruko No.43 A-B, Jl. Kawi, Bareng,
Buka: 09.00-21.00 WIB

©Instagram/karinanovia_

3 dari 10 halaman

Kedai Mie Sutoyo (KMS)

Kedai Mie Sutoyo. ©Instagram/yurikeyy

Tempat makan yang satu ini sudah beroperasi sejak tahun 1940-an. Mi yang disajikan tampak khas dengan bentuknya yang pipih. Ini adalah citarasa mi buatan rumah yang disajikan dengan minyak bumbu lezat. Salah satu menu yang paling direkomendasikan di sini adalah pangsit mie ayam jamur.

Alamat: Jl. Letjen Sutoyo No.41A, Lowokwaru,
Buka: 09.00-21.00 WIB

©Instagram/yurikeyy

4 dari 10 halaman

Depot Pangsit Mie Bromo Pojok

Depot Pangsit Mie Bromo Pojok. ©Instagram/diah4nggreani

Pangsit Mie Bromo Pojok adalah kedai pangsit mi yang sudah memiliki banyak cabang di kota Malang. Variasi mi yang disajikan cukup beragam. Ada mie dengan topping standard seperti mie bakso, mie biasa, mie siomay, dan mie istimewa. Namun ada juga dengan menggunakan topping yang cukup unik dan tidak ditemukan di depot lainnya seperti mie sosis keju, mie udang pedas, mie lada hitam, dan mie goreng.

Es campur yang disajikan di sini juga cukup khas, karena bentuknya yang menggunung dengan siraman sirup warna-warni.

Alamat: Jalan Pattimura No 53, Kota Malang
Buka: Setiap hari/ 09.00-21.00 WIB

©Instagram/diah4nggreani

5 dari 10 halaman

Pangsit Mie Dempo

Pangsit Mie Dempo. ©Instagram/lilyaupton

Kalau dari segi rasa, sebenarnya pangsit mie yang dijajakan di lapak kakilima berderet di depan SMA Katolik St. Albertus ini tidak sebegitu luar biasa. Kelebihannya terletak pada nilai nostalgia yang dimilikinya. Pasalnya kedai kakilima yang berjejer di sini memang tergolong legendaris.

Selain pangsit mie, kakilima di sini juga berjualan es teler dan gado-gado yang juga terkenal enak.

Alamat: Kakilima Dempo, Jl. Gede
Buka: 08.30-16.00 WIB

©Instagram/lilyaupton

6 dari 10 halaman

Depot Mie Gadjah Mada

Depot Mie Gadjah Mada. ©Instagram/inijie

Tempat wisata kuliner cwie mie yang satu ini tergolong legendaris, karena sudah beroperasi sejak tahun 1958 dan sampai sekarang masih punya banyak pelanggan setia.

Selain mie pangsit, Depot Mie Gadjah Mada juga menyediakan mie ayam, mie pedas, dan mie shanghai yang disajikan bersama kuah jamur dan seafood.

Alamat: Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Klojen
Buka: 09.00-14.30 WIB, 17.00-21.00 WIB

©Instagram/inijie

7 dari 10 halaman

Mie Kudusan

Mie Kudusan. ©Instagram/mari_kita_makan

Warung ini telah melayani selera pelanggannya sejak lebih dari 30 tahun lalu. Tak seperti warung lainnya, Pangsit Mie Kudusan memiliki tekstur mi yang kenyal nan gurih, karena dibuat dengan resep rumahan alias homemade.

Pangsit mie Kudusan sebenarnya berawal dari sebuah depot pangsit mi sederhana di jalan Kudusan, kota Malang. Warung ini pertama kali dibuka sekitar tahun 1970-an.

Beberapa menu pangsit mi yang bisa kamu nikmati di depot ini antara lain pangsit mie ayam, pangsit mie jamur, pangsit mie swekiau, pangsit mie ayam lada hitam, pangsit mie ayam szechuan, dan lainnya.

Alamat:Jl. Bondowoso No.11, Klojen, Kota Malang
Buka: 07.00-22.00 WIB

©Instagram/mari_kita_makan

8 dari 10 halaman

Pangsit Mie & Es Degan Pak Rie

Pangsit Mie & Es Degan Pak Rie. ©Instagram/ayasmlgsaja

Keunikan pangsit mie di warung ini terletak pada porsinya yang jumbo. Walaupun porsinya sangat besar, harga yang dipatok untuk tiap porsinya dapat dibilang cukup murah. Untuk pangsit mie biasa, harga per porsi adalah Rp. 8.000 sedangkan untuk yang istimewa adalah Rp. 11.000. Pangsit mie biasa tersebut sudah termasuk dengan dua buah bakso sebagai pendamping mie. Tak heran kalau tempat ini jadi

Alamat: Jalan Simpang Wilis Indah (Selatan Pasar Buku Wilis)
Buka: 09.00-18.00 WIB

©Instagram/ayasmlgsaja

9 dari 10 halaman

Pangsit Mie Tan

Pangsit Mie Tan. ©Instagram/ammamamo

Warung ini pertama kali dibuka di jalan Ngantang dan terkenal dengan nama Pangsit Mie Ayam Ngantang. Sempat mengalami perpindahan ke lokasinya yang sekarang, warung ini akhirnya mengganti nama menjadi Pangsit Mie Ayam Tan. Selain pangsit mie ayam dalam bentuk matang, warung ini juga menjual pangsit mie dalam bentuk mentah dan dilengkapi dengan bumbunya.

Harga semangkuk pangsit mie ayam matang dibanderol Rp 12 ribu per porsinya. Sedangkan dalam bentuk mentah, pangsit mie dapat dibeli eceran antara mie, abon ayam, dan bumbunya. Selain itu ada pula dalam bentuk paket mentah pangsit mie ayam, yang terdiri dari 10 porsi dengan harga Rp 120 ribu. Selain pangsit mie, warung ini juga menyediakan bakso yang dijual seharga Rp 11 ribu dan terdiri dari 4 biji bakso serta potongan daging dan tulang ayam.

Alamat: Jalan Jaksa Agung Suprapto II No 34
Buka: 10.00-22.00 WIB

©Instagram/ammamamo

10 dari 10 halaman

Mie Jogging

Mie Jogging. ©Instagram/decicacicu

Olahan cwie mie yang ditawarkan Mie Jogging juga berbalut pedasnya cabai. Tetapi penyajiannya sedikit berbeda dengan Mie Setan, karena menggunakan kerupuk pangsit lebar sebagai alas dan lauk scallop goreng. Nama menunya lumayan kreatif, yaitu mie kirin kamu, mie sesuatu, atau mie banget, tergantung topping yang digunakan.

Mereka juga punya mie goreng yang dibumbui kecap manis seperti mie iblis, mie tom yum, dan aneka dimsum. Cabangnya ada di dekat Universits Muhammadiyah Malang dan Jalan Merapi.

Alamat: Jalan Soekarno-Hatta 24, Malang
Buka: 11.00-23.00 WIB

Itulah deretan tempat makan cwie mie khas Malang yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke kota hujannya Jawa Timur.

©Instagram/decicacicu (mdk/tsr)

Baca juga:
4 Cara Membuat Mie Favorit, dari Mie Ayam sampai Mie Setan
4 Resep mie goreng istimewa senikmat bikinan kedai kaki lima
3 Fakta di balik donat Indomie Goreng yang bikin penasaran
3 Resep dan cara membuat mie ayam sederhana yang enak
Produsen mie Jepang urus sertifikasi halal gaet konsumen Indonesia