10 Makanan Khas Purwokerto, Lezat dan Menggugah Selera

GAYA | 14 November 2019 15:53 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Makanan khas Purwokerto memiliki cita rasa menggugah selera. Purwokerto merupakan sebuah kota yang masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyumas sebagai pusat pemerintahan.

Purwokerto mengalami perkembangan cukup signifikan setelah banyaknya mahasiswa dari luar kota yang datang menimba ilmu. Ini menjadi salah satu penggerak berkembangnya kota ini.

Perkembangan ekonomi di Purwokerto juga berdampak positif pada sektor pariwisata. Banyak tempat wisata yang kini mendapat perhatian, dan dioptimalkan pengelolaannya hingga menjadi tujuan wisata yang banyak diminati.

Ragam wisata bisa ditemukan di kota ini, mulai dari wisata alam, religi, hingga wisata air. Dengan dijadikannya Purwokerto sebagai salah satu tujuan utama wisata, menjadikan keanekaragaman kuliner khas yang ada juga semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Berikut rangkuman referensi makanan khas yang patut dicoba apabila berkunjung ke Purwokerto :

1 dari 5 halaman

Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang sangat terkenal. Makanan ini bisa ditemukan di berbagai daerah, tetapi kita tidak akan mendapatkan cita rasa yang paling lezat selain mencoba nya langsung di Purwokerto. Mendoan terbuat dari bahan dasar kedelai yang di fermentasikan menjadi tempe, kemudian dipadu dengan adonan tepung.

Di goreng setengah matang agar hasilnya mendo dalam Bahasa Indonesia diartikan lembek. Maka jika diartikan mendoan merupakan gorengan yang di masak setengah matang sehingga hasilnya lembek. Makanan ini cocok disantap bersama sambal kecap dan cabai rawit dengan ditemani secangkir teh hangat.

2 dari 5 halaman

Soto Sokaraja

Setiap daerah biasanya memiliki makanan khas berupa soto. Namun, soto di setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Jika di Jakarta ada soto Betawi, Purwokerto juga memiliki soto yang disebut dengan soto Sokaraja.

Terbuat dari kuah kaldu daging sapi dengan ekstral rasa kacang di dalamnya membuat kudapan ini memiliki rasa yang khas. Soto sokaraja biasanya disajikan bersama ketupat dengan tambahan kerupuk diatasnya yang bermacam-macam. Makanan ini menjadi referensi yang wajib untuk dicoba jika berkunjung ke Purwokerto.

3 dari 5 halaman

Kraca

Kraca merupakan salah satu makanan khas yang unik dan wajib masuk ke dalam list untuk dicoba. Terbuat dari keong kecil dan rempah-rempah pilihan, biasanya dimasak dengan bumbu kuah pedas. Kraca ini mudah ditemukan di pinggiran jalan di daerah Purwokerto saat menjelang malam tiba.

4 dari 5 halaman

Getuk Goreng

Makanan khas yang satu ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Terbuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa sehingga menciptakan citarasa yang manis dan gurih. Getuk goreng Sokaraja banyak ditemui di sepanjang jalan Purwokerto khususnya di Jalan Soedirman.

Kluban Purwokerto

Kluban merupakan makanan yang mirip dengan salad. Makanan ini berfungsi sebagai pendamping nasi dan terbuat dari aneka macam sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, dan daun singkong. Berbeda dengan salad, makanan ini disajikan dengan cara direbus dan kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu sambal.

Klanting Purwokerto

Klanting tergolong sebagai makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Berbentuk layaknya angka delapan, dengan tekstur yang renyah dan gurih membuat cemilan ini cukup digemari oleh kebanyakan orang. Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Purwokerto.

5 dari 5 halaman

Combro

Makanan ini mungkin sudah cukup familiar. Tetapi, combro khas Purwokerto memiliki perbedaan dengan yang ada di wilayah lain yaitu berbentuk lonjong dan terbuat dari singkong yang diparut lalu dihilangkan kandungan airnya. Sebelum digoreng combro ini dilengkapi dengan adonan oncom di dalamnya yang lezat dan pedas.

Buntil

Makanan khas ini berupa parutan daging kelapa yang dicampur dengan teri dan bumbu-bumbu, kemudian dibungkus dengan daun papaya atau talas. Biasanya disajikan dengan kuah pedas yang terbuat dari santan dan sangat cocok dimakan sebagai pendamping nasi. Buntil sebenarnya hampir sama seperti bothok, hanya saja daun yang digunakan untuk membungkus dapat dimakan.

Cenil

Cenil yang juga tergolong makanan khas Purwokerto ini memiliki tampilan yang unik dan cantik. Tampil dengan berbagai warna yang memikat dan teksturnya yang kenyal membuat makanan ini cukup digemari. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cemilan ini adalah singkong, tepung kanji, daun pandan dan kelapa yang diparut.

10.Lumpia Boom

Lumpia khas Purwokerto ini memiliki perbedaan di ukuran yang cukup besar dengan isian yang lebih banyak. Lumpia ini bisa dijadikan sebagai lauk pauk bersama nasi, lalapan, dan dilengkapi dengan sambal.

Makanan ini memang kaya akan bahan-bahan makanan lain seperti berbagai sayuran dan telur. Hadir dengan berbagai pilihan rasa seperti daging ayam, sapi, bakso, sosis, nugget, ati, jamur, udang, cumi, sampai dengan keju.

(mdk/khu)