10 Manfaat Teh Chamomile untuk Wajah, Kulit, dan Rambut

GAYA | 26 Januari 2020 13:52 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Teh dari bunga kamalia atau chamomile termasuk jenis tisane atau teh yang terbuat dari mahkota bunga. Teh ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Teh chamomile bisa menenangkan tubuh. Sementara kandungan flavonoid di dalamnya mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi peradangan.

Teh chamomile dipercaya ampuh untuk membunuh sel kanker dan dapat membantu menenangkan saraf. Minum teh ini juga bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Tak hanya manfaat kesehatan, teh chamomile juga berkhasiat untuk kecantikan kulit dan rambut. Apa saja kegunaannya? Berikut ini kami tampilkan 10 di antaranya yang dirangkum dari situs kecantikan NDTV Food.

1 dari 10 halaman

1. Mengatasi Kantung Mata

Khasiat utama teh chamomile untuk kecantikan adalah mengatasi kantung mata. Chamomile atau kamalia mengandung azulene, bahan yang memiliki efek mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan serta pembengkakan pada kulit. Karena itulah biasanya bunga ini dimanfaatkan untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata. Selain itu chamomile juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan cara mengencangkan pembuluh kapiler di bawah permukaan kulit.

Jika Anda ingin mengatasi kantung mata yang membandel, Anda tinggal memanfaatkan teh chamomile dalam tea bag. Seduh teh di dalam air panas, kemudian gunakan kantung tehnya yang sudah didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es untuk mengompres kantung mata.

2 dari 10 halaman

2. Meringankan Nyeri Haid

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Chemistry, teh chamomile memiliki sifat pain-relieving dan antispasmodik. Minum teh ini bisa menenangkan uterus dan menurunkan produksi prostaglandin, senyawa hormon yang menghasilkan rasa sakit saat haid.

3 dari 10 halaman

3. Menyembuhkan Luka Ringan dan Penyakit Kulit

Teh chamomile telah digunakan oleh orang Romawi, Yunani, dan Mesir kuno untuk mengobati luka dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit. Tanaman Matricaria chamomilla L yang digunakan untuk membuat teh chamomile memiliki kandungan antiinflamasi dan antimikroba. Jadi bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka dan penyakit kulit.

4 dari 10 halaman

4. Menyehatkan Kulit

Teh chamomile kaya kandungan antioksidan. Selain itu di dalamnya terdapat kandungan anti inflamasi dan anti bakteri alami. Jika rutin dikonsumsi, teh ini membantu pelunturan racun dari dalam tubuh dan kulit. Selain itu antioksidan dalam chamomile juga akan melindungi kulit dari pengaruh buruk eksternal.

5 dari 10 halaman

5. Melawan Jerawat

Kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri dalam teh chamomile juga bisa dimanfaatkan untuk melawan jerawat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk toner alami. Caranya, seduh teh chamomile dengan air panas. Biarkan hingga menghangat. Ambil kapas, celupkan ke dalam teh, lalu gunakan untuk membersihkan wajah. Pastikan wajahmu sudah bebas dari makeup dan kotoran sebelum menggunakan toner.

6 dari 10 halaman

6. Menjadikan Kulit Wajah Segar dan Bercahaya

Chamomile bisa mengembalikan kesegaran dan kelembapan kulit yang hilang dari wajah. Kamu bisa memanfaatkan teh bunga ini sebagai face spray. Masukkan teh chamomile yang sudah diseduh ke dalam botol spray steril. Lalu semprotkan ke area wajah.

7 dari 10 halaman

7. Meringankan Peradangan Kulit

Pembengkakan dan peradangan pada kulit mampu disembuhkan dengan teh chamomile. Sebab tanaman ini mempunyai efek untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

8 dari 10 halaman

8. Mengatasi Luka Bakar akibat Sengatan Matahari

Sengatan sinar ultraviolet matahari bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, salah satunya adalah luka bakar ringan. Teh chamomile bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Gunakan air seduhan teh yang sudah didinginkan sebagai kompres.

9 dari 10 halaman

9. Mengatasi Ketombe

Jenuh dengan masalah ketombe yang tak kunjung usai? Coba minum teh chamomile secara teratur. Sifat antimikroba yang dimiliki teh chamomile bisa membantu menyehatkan kulit kepala dari dalam, meringankan iritasi, dan mencegah ketombe.

10 dari 10 halaman

10. Menyehatkan Rambut

Jika kamu mengalami masalah ketombe dan kulit kepala yang gatal, teh chamomile bisa dijadikan solusi alami untuk mengatasinya. Gunakan air seduhan teh chamomile yang sudah didinginkan sebagai bilasan rambut. Pijat kulit kepala lalu diamkan selama 10 menit. Teh chamomile juga dapat mengembalikan vitalitas pada batang rambut.

Demikian berbagai khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari teh chamomile. Selamat mencoba! (mdk/tsr)

Baca juga:
15 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Kecantikan
5 Manfaat Teh Calendula untuk Kecantikan
Manfaat Royal Jelly untuk Kecantikan dan 7 Cara Memanfaatkannya
4 Manfaat Kecantikan yang Bisa Didapat dari Konsumsi Labu Siam
12 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Efek Samping yang Harus Diketahui

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.