11 Cara Menghilangkan Daki Membandel dengan Bahan Alami

GAYA | 3 Oktober 2019 04:05 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kulit manusia beregenerasi secara teratur. Proses regenerasi ini biasanya disertai pengelupasan sel kulit mati. Ada kalanya sel kulit yang sudah mati masih menempel di permukaan, sehingga menghasilkan lapisan berwarna keruh yang biasa kita sebut daki atau bolot.

Bagaimana cara menghilangkan daki yang efektif? Anda bisa menggunakan kombinasi berbagai bahan alami untuk eksfoliasi. Misalnya bubuk kopi, minyak zaitun, garam, atau kunyit.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan daki dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda coba di rumah.

1 dari 11 halaman

Eksfoliasi dengan Bubuk Kulit Jeruk

Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air secukupnya. Gunakan untuk menggosok kulit tubuh, lalu bilas dengan air hangat.

2 dari 11 halaman

Gosok dengan Batu Apung

Menggosok kulit dengan batu apung merupakan cara menghilangkan daki tradisional, namun cukup efektif. Pilih batu yang permukaannya cukup lembut. Rendam kaki atau tangan di dalam air dingin sampai kulit terasa lunak, lalu gosok dengan batu sampai daki luruh.

3 dari 11 halaman

Eksfoliasi dengan Handuk

Handuk hangat juga cukup efektif mengelupas daki. Rendam handuk lembut di dalam air panas. Peras airnya, lalu gunakan untuk menggosok kulit yang berdaki selama 5 sampai 10 menit.

4 dari 11 halaman

Pijat dengan Air Tajin

Ilustrasi air beras. Shutterstock

Cara menghilangkan daki yang satu ini merupakan rekomendasi situs gaya hidup Boldsky. Pijat leher dengan air tajin selama 10 menit sebelum mandi. Setelah itu bilas kulit hingga bersih.

5 dari 11 halaman

Eksfoliasi dengan Scrub Kopi dan Minyak Kelapa

Kopi merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengelupas daki. Ambil beberapa sendok bubuk kopi dan seduh dengan air hangat. Campur ampasnya dengan minyak kelapa.

Oleskan campuran tersebut pada kulit, lalu gosok dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan tubuh dengan sabun untuk melunturkan pewarna alami kopi.

6 dari 11 halaman

Eksfoliasi dengan Susu dan Garam

Campurkan susu dengan garam hingga menjadi pasta kental. Rendam bola kapas pada pasta susu dan oleskan ke seluruh badan. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

7 dari 11 halaman

Eksfoliasi dengan Beras dan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan daki berikutnya yang bisa dicoba adalah memakai scrub beras dan minyak zaitun. Sangrai beras, kemudian tumbuk sampai halus. Campur dengan air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun.

Gunakan ramuan ini pada kulit yang berdaki, misalnya siku atau mata kaki. Gosok dengan gerakan melingkar sampai daki luruh.

8 dari 11 halaman

Pijat dengan Minyak Esensial

Kombinasikan beberapa jenis minyak esensial untuk pemijatan. Misalnya lavender oil, cinnamon oil, atau lemon oil. Gunakan untuk memijat bagian kulit yang berdaki. Minyak alami ini akan melunakkan kulit, sehingga daku lebih mudah dikelupas.

9 dari 11 halaman

Gunakan Lulur Oatmeal dan Madu

Ilustrasi oatmeal. Shutterstock

Campurkan oatmeal dan madu hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta pada kulit tubuh yang berdaki. Gosok perlahan selama beberapa menit. Biarkan mengering selama 5-10 menit berikutnya, lalu bilas dengan air hangat. Bersihkan sisa minyaknya dengan sabun berformula ringan.

10 dari 11 halaman

Gunakan Lulur Kunyit & Minyak Kelapa

Campurkan bubuk kunyit dengan minyak kelapa hingga menjadi pasta kental. Balur kulit yang berdaki tebal dengan campuran ini. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan sabun berformula ringan dan air hangat. Lanjutkan dengan pemakaian losion atau body butter untuk melembutkan bagian kulit yang berkerak.

11 dari 11 halaman

Eksfoliasi dengan Spons dan Yogurt

Ingin tahu cara menghilangkan dahi di leher? Gosok leher dengan yogurt menggunakan spons mandi. Lactic acids di dalam yogurt dan spons akan membantu proses pengelupasan dan regenerasi. Gosok leher tak lebih dari 5 menit, karena kulit di bagian tubuh yang satu ini cukup sensitif.

Itulah cara-cara menghilangkan daki membandel dengan bahan alami yang bisa dicoba di rumah. (mdk/tsr)

Baca juga:
Mengenal 6 Jenis Minyak Sitrus dan Manfaatnya untuk Kecantikan
9 Cara Menghilangkan Kapalan dengan Bahan-Bahan Alami
4 Minyak Alami untuk Obati Bekas Luka
12 Tips Awet Muda Ampuh dari Pakar Kesehatan dan Kecantikan
18 Khasiat Pomegranate Oil untuk Kecantikan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.