11 Jenis Kaktus Berbunga untuk Tanaman Hias Indoor

11 Jenis Kaktus Berbunga untuk Tanaman Hias Indoor
Ilustrasi bishop hat cactus. ©World of Succulents
GAYA | 23 Februari 2021 00:07 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Sebagai tanaman hias, kaktus memang memiliki penampilan yang unik. Tanaman yang dulunya hanya hidup di gurun ini sekarang menjadi tanaman ornamentl populer. Tak cuma untuk kebun bernuansa gurun, kaktus berbunga yang ditempatkan di pot juga bisa menjadi tanaman hias indoor yang cantik.

Kaktus memiliki banyak jenis dan ukuran. Ada yang tumbuh memanjang seperti african milk tree. Ada pula yang bentuknya seperti telinga kelinci, yaitu bunny ear cactus.

Selain itu, masih ada kaktus berbunga yang menampilkan keunikan bentuk kaktus dan bunga-bunga berwarna mencolok.

Bagi Anda yang berminat memperindah rumah dengan kaktus berbunga, berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikoleksi.

1. Kaktus Rambut Nenek

Kaktus berbunga yang satu ini memiliki banyak nama, antara lain old lady kaktus, old man cactus, dan kaktus rambut nenek. Memiliki nama latin Mammillaria hahniana, kaktus tumbuh mengelompok dengan bentuk bulat berhias duri dan rambut lebat sewarna uban.

Kaktus ini bisa tumbuh sampai 25 cm dan menghasilkan bunga pink yang tumbuh melingkar seperti lingkaran halo di atas kepala tanaman.

Tanam kaktus rambut nenek di media tanam bercampur pasir. Siram dua minggu sekali dan tempatkan di bagian rumah yang mendapatkan cahaya matahari melimpah dan merata.

Baca Selanjutnya: 2 Fairy Castle Cactus...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami