12 Minuman Enak dan Berkhasiat untuk Kulit Berjerawat

12 Minuman Enak dan Berkhasiat untuk Kulit Berjerawat
Ilustrasi yogurt. Shutterstock/Lesya Dolyuk
GAYA | 27 September 2019 08:01 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Perawatan wajah untuk kulit berjerawat? Tak cukup dengan skincare. Anda perlu asupan gizi yang tepat untuk mengatasi inflamasi dan peradangan yang disebabkan jerawat.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi kulit adalah mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi. Nah, berikut ini Merdeka.com akan menampilkan beberapa racikan minuman enak dan bergizi untuk mengatasi masalah kulitmu.

2 dari 13 halaman

Limun Madu

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi air lemon. Pixabay

Minuman ini terbuat dari sari lemon yang mengandung vitamin C yang penting untuk mengatasi jerawat. Sifat basa lemon juga akan membantu detoksifikasi kulit dari dalam. Kombinasikan dengan manisnya madu yang diperkaya khasiat anti-bakteri, antiseptik, anti-inflamasi, dan anti-mikroba.

3 dari 13 halaman

Teh Hijau

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi teh hijau. Pixabay

Menurut sebuah penelitian di tahun 2011, teh hijau kaya antioksidan katekin yang bisa memperlancar peredaran darah ke kulit. Jika peredaran darah lancar, sel kulit akan menerima oksigen dan nutrisi lebih banyak. Akibatnya kulit jadi lebih kebal dari bakteri dan kuman penyebab jerawat. Penelitian lebih jauh juga menyebut konsumsi teh hijau selama 12 minggu akan meningkatkan elastisitas, kelembapan, dan ketahanan kulit.

BACA JUGA: {news_title}
4 dari 13 halaman

Jus Tapai

Tapai mengandung alkohol rendah dari proses fermentasi yang dilaluinya. Mengonsumsi tapai, termasuk yang sudah diolah menjadi jus bisa membantu menetralisir lemak berlebih yang bisa memicu timbulnya jerawat. Begitu juga dengan air seduhan tapai.

Selain itu, proses fermentasi menyebabkan kandungan vitamin B1 di dalam tapai jadi berlipat ganda. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

5 dari 13 halaman

Yogurt

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi yogurt. Shutterstock

Kesehatan saluran pencernaan sangat berkaitan erat dengan kondisi kulit. Pencernaan yang kurang lancar akan menyebabkan racun terakumulasi di dalam tubuh dan akhirnya mempengaruhi kondisi kulit. Salah satu bentuknya adalah jerawat.

Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik seperti yogurt, kombucha, dan kefir, kesehatan saluran pencernaan akan terjaga. Kulit pun jadi lebih bersih secara alami.

Walaupun begitu, jangan berlebihan mengonsumi makanan yang difermentasi agar tidak terjadi penumpukan bakteri di dalam usus. Ini justru bisa menimbulkan jerawat.

6 dari 13 halaman

Kunyit Asam

Ilustrasi kunyit asam. iStock

Kunyit merupakan rempah dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas, jamur, dan bakteri penyebab jerawat. Juga bisa meredakan inflamasi yang disebabkan jerawat.

BACA JUGA: {news_title}
7 dari 13 halaman

Smoothie Berry dan Cuka Apel

dan cuka apel

Ilustrasi olahan cuka apel. Shutterstock

Buah-buahan beri dan cuka apel sama-sama mengandung vitamin dan khasiat anti-jerawat. Kaya serat pula, cocok untuk yang ingin berdiet. Simak resepnya di sini.

BACA JUGA: {news_title}
8 dari 13 halaman

Wedang Serai

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi wedang serai. Shutterstock

Serai berkhasiat untuk meringankan jerawat, mempercantik kulit, dan melancarkan pencernaan. Padukan dengan jeruk nipis, jahe, dan madu yang masing-masing juga berkhasiat untuk kecantikan. Simak resepnya di sini.

BACA JUGA: {news_title}
9 dari 13 halaman

Detox Smoothie

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi green smoothies. Shutterstock/Irina Schmidt

Ingin kulit yang bersih dan sehat dari dalam? Coba resep smoothie peluruh toksin andalan Kourtney Kardashian yang terbuat dari campuran nanas, jahe, mentimun, kiwi, alpukat, dan bayam. Silakan simak resepnya di sini.

BACA JUGA: {news_title}
10 dari 13 halaman

Jus Mangga

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi jus mangga. Shutterstock

Mangga, buah berwarna kuning yang kaya vitamin A dan vitamin C. Keduanya merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Minum jus ini secara teratur dan Anda akan mendapatkan kulit yang sehat, bercahaya, dan awet muda.

BACA JUGA: {news_title}
11 dari 13 halaman

Teh Rosella

12 minuman enak dan berkhasiat untuk kulit berjerawat

Ilustrasi Teh Rosella. Shutterstock

Dilansir Yahoo! Beauty, teh dari bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Teh dengan rasa asam ini bisa menunda munculnya gejala penuaan dini jika diminum secara teratur. Vitamin C yang dimilikinya juga bisa mengatasi jerawat dari dalam, lho.

BACA JUGA: {news_title}
12 dari 13 halaman

Wedang Jeruk

Jeruk nipis memiliki khasiat yang sama dengan lemon. Seduh dengan air hangat agar vitamin C di dalamnya aktif. Gunakan madu yang juga berkhasiat untuk jerawat sebagai pemanis alih-alih gula pasir.

BACA JUGA: {news_title}
13 dari 13 halaman

Jus Pepaya dan Jeruk Nipis

Kombinasi pepaya dan jeruk nipis akan memberikan suntikan vitamin A dan vitamin C yang diperlukan untuk memulihkan kesehatan kulit berjerawat.

Itulah berbagai jenis minuman enak yang berkhasiat untuk jerawat.

Sumber: Sumber: Byrdie, Acne Project, Healthline, MailOnline (mdk/tsr)

Baca juga:
10 Racikan Minuman Segar untuk Bantu Jaga Kesehatan Mata
Resep Super Sunblock Smoothie untuk Lindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar UV
Cara Membuat STMJ, Minuman Penghangat Tubuh
Tanpa Kafein, 5 Minuman Ini Bisa Bantu Buat Pagimu Jadi Bersemangat
4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Masalah Kecanduan Alkohol

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami