12 Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Ditempatkan di Beranda

12 Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Ditempatkan di Beranda
Ilustrasi marigold. ©Pixabay/joana_mg
GAYA | 17 Januari 2021 11:53 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Demam berdarah dan demam berdarah dengue merupakan momokbagi penduduk di negara-negara tropis. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini bisa membahayakan nyawa jika tidak segera ditangani.

Demi menghindarkan diri dan keluarga dari penyakit demam berdarah, kebersihan lingkungan tempat tinggal harus selalu dijaga. Selain rajin mengurasi tempat penampungan air dan fogging, menempatkan tanaman yang tidak disukai nyamuk di sekitar rumah juga bisa membantu.

Berikut ini Garden Design menyarankan beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tempatkan di beranda, teras, atau sekitar rumah.

1. Lavender

ilustrasi lavender
©Pixabay/Hans

Sejumlah penelitian membuktikan lavender ampuh mengusir nyamuk. Aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender ternyata tidak disukai nyamuk.

2. Serai Wangi (Citronella)

ilustrasi serai wangi
©Pixabay/sarangib

Brooklyn Botanic Garden merekomendasikan tanaman yang beraroma lemon seperti Citronella untuk mengusir nyamuk. Pastikan Anda membeli Citronella dari spesies Cybopogon nardus atau Citronella winterianus yang aromanya paling tajam. Tumbuhan ini cocok ditanam di iklim hangat dengan cahaya matahari berlimpah.

Baca Selanjutnya: 3 Marigold...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami