14 Manfaat Tea Tree Oil buat Wajah Berjerawat, Ketombe, Ketiak, Rambut, sampai Mulut

14 Manfaat Tea Tree Oil buat Wajah Berjerawat, Ketombe, Ketiak, Rambut, sampai Mulut
Ilustrasi tea tree oil. ©Shutterstock
GAYA | 18 Januari 2021 02:02 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Tea tree oil adalah bahan alami yang kerap ditemukan dalam produk perawatan kulit dan rambut. Biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat dan ketombe. Namun sebenarnya manfaat tea tree oil jauh lebih banyak.

Apa saja khasiat yang dimiliki tea tree oil? Mari mengenal lebih jauh tea tree oil. Berikut ini Merdeka.com menyajikan uraian lengkap tentang tea tree oil, berbagai khasiatnya, serta rekomendasi produk yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Mengenal Tea Tree Oil

Kandungan Tea Tree Oil

Manfaat Tea Tree Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tea Tree Oil untuk Jerawat

Cara Menggunakan Tea Tree Oil untuk Jerawat

Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Tea Tree Oil untuk Jerawat

Tea Tree Oil untuk Kulit Berminyak

Tea Tree Oil untuk Ketombe dan Kulit Kepala Berminyak

Rekomendasi Produk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala dengan Kandungan Tea Tree Oil

Rekomendasi Produk Tea Tree Oil di Pasaran

Cara Mengencerkan (Dilute) Tea Tree Oil

Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Penggunaan Tea Tree Oil

Mengenal Tea Tree Oil

Dilansir Healthline, tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak yang diekstrak dari tumbuhan Melaleuca alternifolia. Selain disebut tea tree, tanaman ini juga dikenal dengan nama narrow-leaved paperbark.

Melaleuca alternifolia dan pohon teh penghasil daun teh merupakan dua tanaman yang berbeda. Teh untuk konsumsi berasal dari tanaman perdu Camellia sinensis. Tea tree berasal dari famili Myrtaceae, sementara teh berasal dari famili Theaceae.

Tea tree merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Australia. Minyaknya dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional oleh suku Aborigin selama berabad-abad. Biasanya minyak tea tree oil diekstrak dengan menggerus daun Melaleuca alternifolia, kemudian dihirup untuk mengobati batuk dan masuk angin. Minyak ini juga biasa dioleskan pada kulit untuk pengobatan topikal.

Kandungan Tea Tree Oil

Dilansir StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol. Kandungan terpinen-4-ol terbukti dapat membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Terpinen-4-ol juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan bakteri dan 'benda asing' lainnya yang menyerang tubuh. Karena itulah tea tree oil efektif untuk mengatasi infeksi jamur, bakteri, dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit.

Baca Selanjutnya: Manfaat Tea Tree Oil dalam...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami