Menurut para pakar, 14 kebiasaan ini terbukti ampuh bikin awet muda

GAYA | 4 Agustus 2018 00:04 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Semua orang pasti akan menua. Tetapi juga wajar jika sebagian besar orang ingin kemudaan mereka bertahan lebih lama. Pasalnya jika kulit, organ dalam, dan kelima indra kita awet muda, vitalitas pun bertambah. Tentunya kita bisa menjalani hidup dengan lebih sehat.

Untuk sebagian wanita, keinginan untuk tetap awet muda tampaknya sudah berkembang menjadi obsesi. Segala cara dilakukan agar penampilan fisik tetap muda. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan sampai olahraga dan konsumsi suplemen antioksidan demi kulit bak remaja belasan tahun.

Sekarang ini sudah banyak produk perawatan anti-aging dengan berbagai kandungan dan fungsi yang bisa didapatkan di pasaran. Namun jika Anda ingin mendapatkan kulit sepuluh tahun muda, sebenarnya perubahan gaya hiduplah yang paling diperlukan.

Berikut ini Health.com telah merangkum deretan tips antipenuaan yang sudah terbukti ampuh menurut para peneliti, ahli dermatologi, dan pakar kecantikan.

1 dari 14 halaman

Memakai tabir surya sebelum keluar rumah

Ilustrasi tabir surya. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

"Memakai SPF adalah perawatan antipenuaan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kulit," tutur Angela Lamb, MD, asisten dosen dermatologi di Icahn School of Medicine.

Sebuah studi pada tahun 2013 yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine membuktikan bahwa orang-orang yang memakai tabir surya tiga sampai empat kali dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah dalam mengalami penuaan kulit.

Jadi pastikan Anda selalu memakai krim tabir surya lebih dahulu sebelum beraktivitas di luar ruangan. Bukan hanya mencegah pigmentasi, tabir surya juga mampu melindungi kulit dari kerusakan, keriput, dan flek yang disebabkan oleh paparan sinar ultra violet.

2 dari 14 halaman

Tidur cukup dan berkualitas

Ilustrasi tidur. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Susah tidur bisa membuat Anda terlihat lebih tua dalam semalam. Dalam seminggu, kulit mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Konsep beauty-sleep itu bukan cuma mitos. Tubuh memerlukan waktu untuk regenerasi dan proses pembaruan ini biasanya terjadi pada malam hari. Ketika kita tidur, sel sibuk memperbaiki berbagai kerusakan di bagian tubuh. Termasuk kulit wajah dan tubuh.

Jadi jangan biarkan insomnia yang Anda alami berlarut-larut. Sebaiknya hentikan juga kebiasaan begadang yang tak sehat itu.

3 dari 14 halaman

Membatasi konsumsi gula

Ilustrasi gula. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Konsumsi gula melebihi kebutuhan tubuh tak hanya berakibat pada kenaikan berat badan. Gula juga bisa menjadi biang keladi penuaan dini.

Menurut para ahli nutrisi dan pakar kulit, konsumsi gula akan memicu proses glikasi yang pada akhirnya akan mempercepat munculnya gejala penuaan.

Untuk membuktikan efek merusak gula pada kulit, Anda bisa mencoba eksperimen sederhana berikut. Jika kulit sedang bermasalah, coba hentikan konsumsi gula selama 1-2 minggu dan lihat hasilnya.

4 dari 14 halaman

Rajin mengonsumsi sumber antioksidan

Ilustrasi makanan sehat. © Clean Food Crush

Konsumsi rutin buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti vitamin B dan vitamin E akan memberikan dampak positif bagi kulit.

"Antioksidan akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas di lingkungan yang bisa merusak sel kulit," tutur ahli dermatologi Marnie Nussbaum, MD. "[Antioksidan] akan bekerja untuk mencegah radikal bebas memecah elastin dan kolagen kulit, menghasilkan kulit yang lebih muda dan sehat."

Untuk asupan vitamin B6 dan B12, santaplah ikan dan daging unggas. Sementara vitamin E bisa didapat dari wheat germ oil, biji bunga matahari, dan almond.

5 dari 14 halaman

Makan makanan fermentasi

Ilustrasi makan yogurt. ©Shutterstock.com/Matthew Ennis

Makanan yang difermentasi seperti kimchi, yogurt, tempe, dan sauerkraut sangat kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Juga dapat melawan penuaan dini.

"Makanan yang difermentasi memiliki antioksidan hebat dan sifat anti-inflamasi," tutur Craig Kraffert, MD, seorang ahli dermatologi dan presiden Amarte.

6 dari 14 halaman

Perkaya nutrisi dengan asam lemak Omega-3

Ilustrasi ikan bandeng. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Ada banyak alasan Anda harus sering mengonsumsi sumber asam lemak Omega-3. Asam lemak tak jenuh ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, membantu tubuh menyerap vitamin penting, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, asam lemak Omega-3 juga bisa menjadikan kulit cantik. "Asam lemak Omega-3 bisa menjadikan kulit tampak lebih muda dan sehat dengan mengatasi inflamasi kulit seperti jerawat dan psoriasis," kata Keri Gans, RD, konsultan gizi dan penulis The Small Change Diet.

Anda bisa mendapatkan sumber asam lemak sehat ini dari ikan-ikanan yang berminyak. Jika salmon kurang terjangkau untuk Anda, ikan bandeng juga malah lebih tinggi kandungan Omega-3.

7 dari 14 halaman

Membiasakan diri berolahraga

Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Olahraga secara teratur bisa memberikan dampak positif yang beragam bagi tubuh. Selain mencegah obesitas dan penyakit kronis, aktivitas fisik juga bisa membuat Anda terlihat lebih muda.

Menurut hasil penelitian mengenai manula yang dipublikasikan di The Journal of Physiology, orang-orang tua yang rutin melakukan aktivitas fisik memiliki kondisi fisik yang mirip dengan kaum muda.

Sementara penelitian yang dilakukan oleh McMaster University, Kanada menemukan bukti bahwa olahraga bisa memperlambat munculnya gejala penuaan dini.

8 dari 14 halaman

Eksfoliasi dengan cara yang tepat

Ilustrasi eksfoliasi. © Istimewa

Eksfoliasi menggunakan enzyme powder, scrub brush, oatmeal, atau body scrub tak masalah. Yang penting pengelupasan kulit mati harus dilakukan secara teratur, namun tidak berlebihan.

Eksfoliasi dengan cara dan frekuensi yang tepat bisa menjadikan kulit teremajakan. Namun bisa juga menjadikan kulit rusak dan menua lebih cepat jika dilakukan terlalu sering. Lakukan eksfoliasi maksimal 2 kali seminggu dan 1 kali seminggu jika kulit sangat sensitif.

9 dari 14 halaman

Oleskan krim dengan kandungan retinoid

Ilustrasi skincare dengan bahan aktif retinoid. ©The Most Sisters

Para ahli dermatologi merekomendasikan retinoid, turunan dari vitamin A, karena bahan aktif ini bisa membantu mempercepat proses peremajaan sel.

"Retinoid akan mengganti sel kulit dan merangsang produksi kolagen untuk menghasilkan kulit yang tampak muda," tutur Dr. Lamb.

Karena vitamin A bereaksi terhadap sinar matahari, sebaiknya gunakan krim atau lotion yang mengandung bahan ini di malam hari saja.

10 dari 14 halaman

Lembapkan kulit sehabis mandi

Ilustrasi memakai lotion. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Olga Miltsova

Melembapkan kulit bukan berarti sekadar mengoleskan lotion atau moisturizer begitu saja. Produk anti-aging yang Anda gunakan akan lebih efektif jika dioleskan pada kulit yang bersih dan lembap.

Selagi kulit masih lembap sehabis mandi dan dihanduki, segera oleskan pelembap tubuh dan wajah. Maksimal tiga menit setelah mandi, sebelum air yang menempel di kulit benar-benar menguap.

"Tidak hanya mendapatkan manfaat dari pelembap, Anda juga bisa mengunci kelembapan dari air [dengan cara itu]," tutur Dr. Kraffert.

11 dari 14 halaman

Bersahabat dengan vitamin C

Ilustrasi vitamin C. ©Ilustrasi manula ngobrol

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin C memiliki kerutan lebih sedikit. Mereka juga tidak bermasalah dengan kulit kering yang disebabkan penuaan.

Sementara untuk pencegahan yang menawarkan hasil lebih cepat, serum atau ampoule vitamin C mungkin lebih sesuai.

"Vitamin C topikal jauh lebih penting untuk mencegah munculnya kerutan daripada vitamin C yang dikonsumsi secara oral," kata David Stoll, MD, penulis buku A Woman's Skin.

12 dari 14 halaman

Membersihkan wajah sebelum tidur

Ilustrasi membersihkan wajah dengan cleansing oil. ©Shu Uemura

Jangan sampai alpa membersihkan kulit sebelum tidur. Jika tidak dibersihkan secara seksama, regenerasi sel kulit yang terjadi pada saat kita tidur bisa terhambat. Selain itu pori-pori bisa tersumbat.

Jika ingin memperbaiki kondisi kulit, produk dengan bahan aktif juga paling baik digunakan sebelum tidur. Dengan demikian kandungannya bisa bekerja saat kulit sedang meremajakan diri.

13 dari 14 halaman

Banyak minum air

ilustrasi minum air. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/auremar

"Tidak minum air dalam jumlah yang cukup akan berdampak pada kulit yang menua," kata Dr. Nussbaum. Dia menyarankan agar setiap orang minum cairan sekitar 8-9 gelas per hari. Lebih banyak tidak masalah, asalkan tidak lebih dari 1 liter tiap 1 jam.

Selain air mineral, kebutuhan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan minum jus, makan buah, atau konsumsi sayuran berair. Jangan minum soda atau minuman dalam kemasan lainnnya, karena gulanya justru bisa memperburuk kondisi kulit.

14 dari 14 halaman

Kurangi konsumsi garam

Ilustrasi garam. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Hriana

Konsumsi makanan yang tinggi sodium bisa menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak air. Akhirnya wajah dan tubuh jadi terlihat lebih bengkak. Termasuk daerah kantung mata yang jadi semakin sembap.

Kurangi jumlah garam dalam masakan yang Anda buat setiap hari agar Anda tidak perlu mengalami water retention alias bloated. Pengurangan gula juga bisa menghindarkan Anda dari risiko darah tinggi dan stroke.

Demikian tips-tips awet muda yang sudah terbukti ampuh. Terapkan semuanya agar Anda tidak perlu mengeluarkan jutaan rupiah hanya demi kulit tanpa kerut lebih lama. (mdk/tsr)

Baca juga:
Cegah tanda penuaan dengan 10 gerakan pijat wajah berikut ini
Dokter akhirnya bongkar rahasia kulit awet muda Angelina Jolie
Tak terlihat menua sejak 1978, kakek 68 tahun dari China sampai dijuluki vampir
Foto berbikini di tengah salju, hot mama 51 tahun asal China viral lagi
Awet muda, fotografer 50 tahun ini bikin netizen kepincut