15 Jenis Alocasia yang Diburu Pecinta Tanaman Hias, Termasuk Jacklyn Seharga Jutaan

15 Jenis Alocasia yang Diburu Pecinta Tanaman Hias, Termasuk Jacklyn Seharga Jutaan
Ilustrasi Alocasia. ©Pexels/Huy Phan
GAYA | 8 Februari 2021 11:58 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Alocasia merupakan jenis tanaman hias tropis yang masih berkerabat dengan aglaonema, keladi, dan anthurium. Alocasia terkenal dengan bentuknya yang unik seperti kuping gajah. Warna daunnya cukup beragam, mulai dari hijau tua berkilau, hijau dengan permukaan halus seperti beludru, atau justru putih dengan urat daun keperakan.

Ada lebih dari 70 jenis Alocasia yang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Berikut ini beberapa di antaranya yang sedang populer di pasaran.Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp25.000, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.

1. Alocasia Baginda Silver Dragon

ilustrasi alocasia
©HappyForest

Salah satu jenis Alocasia yang kini sedang hits adalah Alocasia baginda silver dragon. Tanaman hias ini memiliki daun lebar dengan warna keperakan dan urat-urat kehitaman yang cantik. Sekilas memang terlihat seperti sisik naga perak.

2. Alocasia 'Melo'

ilustrasi alocasia
©Shopee/iamadeliafitriyani

Tanaman hias Alocasia melo juga dikenal dengan nama Alocasia dukosa. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang unik. Ada yang menyebut pola urat daunnya terlihat seperti kulit badak atau penampang otak berwarna kelabu. Daunnya sendiri tebal, lebar, dan cenderung kasar.

Baca Selanjutnya: 3 Alocasia wentii...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami