16 Jenis Tanaman Hias Episcea atau Violet Api, dari yang Pink sampai Keperakan

16 Jenis Tanaman Hias Episcea atau Violet Api, dari yang Pink sampai Keperakan
Ilustrasi Episcea cupreata. ©Tokopedia/temen tanem
GAYA | 10 Februari 2021 20:15 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Flame violet, lace flower, tanaman karpet, dan violet api adalah sebutan untuk Espiscia Cupreata. Tanaman hias ini berasal dari Venezuela dan Kolombia. Namun kini banyak ditanam di Indonesia pula. Pasalnya iklim tropis Asia Tenggara memang cocok dengan tanaman ini.

Flame violet memiliki daun mencolok seperti beludru lurik yang dapat tumbuh dalam roset dengan panjang mencapai 8 cm. Warnanya hijau, cokelat, pink, zaitun, sampai tembaga dengan guratan berwarna perak atau hijau muda. Bunganya yang mungil berwarna merah cerah, oranye, atau ungu.

Ada banyak varietas Episcea cupreata atau violet api yang bisa ditemukan di pasaran. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dijabarkan John & Jacques' Garden.

1. Episcia cupreata ‘Acajou’

ilustrasi episcea cupreata
©Tantri Setyorini

Acajou termasuk jenis violet api yang paling mudah dibudidayakan. Kultivar ini memiliki daun berwarna cokelat kehijauan atau hijau tembaga. Pola urat daunnya berwarna hijau keperakan.

2. Episcia cupreata ‘Frosty’

ilustrasi episcea cupreata
©Tantri Setyorini

Kultivar frosty juga termasuk violet api yang paling 'tahan banting' seperti acajou. Daunnya berwarna hijau cerah berkilau dengan bulu-bulu halus seperti permadani. Sementara urat-uratnya berwarna hijau muda keperakan.

Baca Selanjutnya: 3 Episcia cupreata 'Alice Outback'...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami