17 Kuliner Sate Nusantara Terlezat, Sudah Coba Semua?

17 Kuliner Sate Nusantara Terlezat, Sudah Coba Semua?
Ilustrasi sate. ©Shutterstock
GAYA | 29 November 2019 00:08 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ada yang bilang Indonesia itu surganya wisata kuliner. Pasalnya cakupan wilayah yang begitu luas dan beragam budaya tentu menghasilkan warisan kuliner yang beraneka pula.

Bahkan satu hidangan bisa punya puluhan hingga ratusan variasi di berbagai daerah. Misalnya sambal, soto, dan mi. Bisa jadi setiap kota punya ciri khas dengan resep racikan yang berbeda di setiap keluarga.

Kali ini Merdeka.com akan membahas sate-sate terenak di berbagai daerah. Barangkali ada yang belum sempat Anda coba.

2 dari 18 halaman

1. Sate Lalat - Pamekasan

ilustrasi sate madura

Kuliner sate tampaknya memang identik dengan Madura. Pedagangnya pun bisa ditemukan di setiap kota.

Salah satu sate Madura paling khas adalah sate laler atau sate lalat. Makanan ini disebut demikian karena potongan daging ayam yang digunakan begitu kecil.

3 dari 18 halaman

2. Sate Padang - Padang

ilustrasi sate padang

Sate padang terbuat dari potongan tebal daging, lidah, dan jeroan sapi yang dibumbui. Lalu dibakar dan disajikan bersama bumbu kental dengan campuran tepung beras dan lontong.

Sebenarnya ada tiga jenis racikan sate padang yang terkenal. Pertama adalah sate darek dari Padang Panjang yang bumbunya berwarna kekuningan. Lalu ada sate padang Pariaman yang bersaus merah dan lebih dominan pedas. Terakhir ada sate dangung-dangung yang berwarna kekuningan dan ditambah parutan kelapa.

4 dari 18 halaman

3. Sate Lilit - Bali

lilit
2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Bali punya sate lilit yang terbuat dari daging giling. Bahan yang digunakan bisa sapi, ayam, ikan, atau bahkan kura-kura. Lombok juga punya kuliner serupa yang disebut sate pusut, tetapi bahan bakunya adalah ikan.

5 dari 18 halaman

4. Sate Klathak - Yogyakarta

ilustrasi sate klathak

Sate klathak terbuat dari daging kambing dengan irisan besar-besar yang dibakar menggunakan jeruji sepeda. Saat dibakar bunyinya klathak-klathak. Setelah itu disajikan bersama sepiring kuah encer berlemak sebagai bumbu siraman.

6 dari 18 halaman

5. Sate Ragey - Manado

ilustrasi sate ragey

Daerah Manado juga punya sate khas, namanya sate ragey. Biasanya dibuat dari daging babi dan menggunakan bumbu yang kaya rempah. Potongan dagingnya pun besar-besar.

7 dari 18 halaman

6. Sate Maranggi - Purwakarta

ilustrasi sate maranggi

Sebenarnya ada dua jenis sate maranggi. Satunya berasal dari Purwakarta, sementara yang lain dari Medan. Namun sate maranggi dari Purwakarta lebih populer di kalangan pecinta kuliner tanah air.

Sate dengan bahan utama daging sapi atau kambing ini disajikan dengan cara yang cukup unik, yaitu dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar, atau nasi timbel.

8 dari 18 halaman

7. Sate Kerang - Sidoarjo

ilustrasi sate kerang

Daerah Sidoarjo merupakan salah satu penghasil kupang dan kerang, jadi jangan heran kalau Anda menemukan pedagang kupang lontong berjejer di pinggir jalan. Salah satu hidangan pelengkapnya yang tak bisa ditinggalkan adalah sate kerang. Biasanya sate kerang berukuran kecil dan dibumbui kecap. Tusuk sate yang digunakan pun cuma ijuk.

9 dari 18 halaman

8. Sate Buntel - Solo

ilustrasi sate kerang

Kalau Yogyakarta punya sate klathak, maka Solo punya sate buntel yang tak kalah menggiurkan. Sate ini terbuat dari cincangan daging kambing yang dibungkus lemak. Ukurannya yang besar membuat sate ini dijual per tusuk, bukan per sepuluh biji seperti sate lainnya.

10 dari 18 halaman

9. Sate Loso - Pemalang

ilustrasi sate loso

Sementara itu, dari Pemalang ada sate loso yang rupanya dipopulerkan oleh Pak Loso. Selanjutnya racikan sate ini jadi populer dan dikembangkan para pedagang lain di Pemalang.

Sate loso terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dibacem, lalu dibakar dan disajikan bersama bumbu kacang pekat berwarna kemerahan.

11 dari 18 halaman

10. Sate Ponorogo - Ponorogo

ilustrasi sate loso

Jika Anda berkunjung ke Ponorogo, di sana ada daerah Nologaten yang terkenal sebagai kampungnya pedagang sate Ponorogo. Sate Ponorogo sendiri terbuat dari daging ayam yang diiris tipis memanjang, lalu dililitkan pada tusukan.

12 dari 18 halaman

11. Sate Ambal - Kebumen

ilustrasi sate loso

Daerah Ambal merupakan kampung halaman sate ambal yang jadi kuliner khas Kebumen. Satenya dibuat dari daging ayam dan disajikan bersama bumbu berwarna pucat berbahan tempe rebus yang ditumbuk. Unik, ya?

13 dari 18 halaman

12. Sate Bebek Tambak - Banyumas

ilustrasi sate bebek tambak

Tambak adalah nama sebuah kecamatan di Banyumas. Banyak pedagang sate bebek di sana. Sate bebek khas Tambak yang lembut, berbumbu manis, dan disajikan bersama timun serta tomat memang khas. Apalagi kalau disantap bersama gulai bebek yang biasanya juga ada di dalam menu.

14 dari 18 halaman

13. Sate Kere - Yogyakarta dan Solo

ilustrasi sate bebek tambak

Yogyakarta dan Solo sama-sama punya kuliner yang bernama sate kere. Dua-duanya bermakna sate miskin, karena menggunakan bahan-bahan yang mampu dibeli masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.

Sate kere dari Yogya biasanya dibuat dari gajih (lemak) sapi, tetelan, dan jeroan. Sementara sate kere Solo terbuat dari jeroan dan tempe gembus.

15 dari 18 halaman

14. Sate Bekicot - Kediri

ilustrasi sate bekicot

Sate bekicot dari Kediri juga layak dicoba. Meskipun terbuat dari siput, dijamin dagingnya tidak berlendir. Daging bekicot sendiri sebenarnya cenderung lebih kesat. Terasa sedap dengan bumbu kecap yang agak pedas.

16 dari 18 halaman

15. Sate Kelinci

ilustrasi sate kelinci

Daerah dataran tinggi yang dekat dengan peternakan kelinci seperti Bandung, Sarangan (Magetan), Bandungan (Semarang), Kaliurang, dan Batu (Malang) biasanya punya banyak warung yang menyediakan sate kelinci. Konon dagingnya lembut seperti ayam.

17 dari 18 halaman

16. Sate Klopo - Surabaya

ilustrasi sate kelinci

Sementara itu, Surabaya punya sate klopo yang legendaris. Sebenarnya sate klopo tak jauh berbeda dari sate ayam pada umumnya. Pembedanya adalah taburan kelapa parut yang ikut dibakar bersama sate.

18 dari 18 halaman

17. Sate Bulayak - Lombok

ilustrasi sate bulayak

Terakhir ada sate bulayak dari Lombok. Sate ayam ini disajikan bersama bumbu kacang yang dimasak bersama santan, jintan, cabai, dan rempah lainnya. Sementara bulayak sendiri adalah sebutan untuk lontong yang biasa disajikan bersama sate.

Demikian sate-sate enak khas nusantara. Ada yang belum pernah Anda coba? (mdk/tsr)

Baca juga:
2 Cara Membuat Bumbu Sate Kambing, Kecap dan Kacang
4 Cara Membuat Bumbu Sate yang Enak
Resep Sate Telur Puyuh ala Angkringan
Cara Membuat Sate Lilit, Makanan Khas Bali yang Gurih dan Kaya Bumbu
7 Sate Lezat yang Wajib Dicicipi Saat Mampir ke Malang

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami