24 Objek Wisata Keluarga Populer di Kota Batu, Jawa Timur

24 Objek Wisata Keluarga Populer di Kota Batu, Jawa Timur
Batu Flower Garden, Coban Rais. ©Instagram.com/noerxsd
GAYA | 23 Mei 2022 00:03 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Batu, kota berhawa sejuk yang bertetangga dengan Malang dan Kediri dikenal sebagai gudangnya objek wisata. Kota yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Malang dan lalu berstatus kota administratif itu kini sudah menjadi kota otonom.

Sejak berdiri sendiri, Batu telah berbenah mengembangkan potensi wisatanya. Hasilnya, sebagian besar wisata populer dan kekinian yang ada di Malang Raya saat ini merupakan 'produk' kota Batu.

Apa saja objek wisata keren yang dimiliki Batu? Berikut ini beberapa wisata Batu yang bisa dipertimbangkan. Cek status operasionalnya dulu, ya. Pasalnya, banyak tempat wisata Batu yang ditutup sementara untuk mendukung anjuran social distancing dari pemerintah beberapa waktu lalu.

2 dari 7 halaman

1. Alun-Alun Kota Wisata Batu

View this post on Instagram

A post shared by EXPLORE BATU (@explore_batumalang)

Objek wisata Batu pertama dan paling mudah diakses tentunya adalah alun-alun kota. Memiliki ciri khas berupa monumen berbentuk apel dan bianglala, tempat ini menjadi lokasi wisata murah meriah bagi warga Batu dan sekitarnya.

Banyak wahana permainan khas pasar malam kagetan yang bisa dicoba di sini. Misalnya odong-odong dan kereta kelinci. Para pedagang kaki lima juga mudah ditemui di sekeliling alun-alun, menawarkan berbagai jenis jajanan menarik seperti sate seafood, cilok, sate kelinci, hingga susu sapi murni yang memang menjadi produk khas di sana.

2. Museum Angkut

Museum yang memajang berbagai jenis kendaraan antik, mulai dari dokar, mobil sport, sampai pesawat terbang. Semuanya ditata apik seperti movie set, sehingga bisa dijadikan latar foto yang keren. Museum ini berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung 2.

Selain berbagai jenis kendaraan kuno dan spot foto cantik, Museum Angkut juga punya Pasar Apung Nusantara. Ini adalah spot wisata kuliner di mana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati jajanan di saung-saung di atas sungai atau berkeliling naik perahu seperti pedagang di pasar terapung beneran.

3. Jawa Timur Park 1

Jika memasuki Batu dari Malang, Anda akan menemui Jatim Park 1 sebelum Museum Angkut. Taman hiburan keluarga ini berlokasi di Jalan Kartika nomor 2. Ini adalah taman bermain terbesar pertama di Jawa Timur, cikal bakal dari Jatim Park 2, Jatim Park 3, dan objek wisata Batu lainnnya yang juga dikelola Jatim Park Group (JTP).

Anda bisa mencoba berbagai jenis wahana ramah anak sampai wahana ekstrem seperti drop train, flying tornado, sky ride, dan volcano coaster. Ada Bagong Adventure Museum Tubuh dan Museum D'Topeng juga, lho.

4. Pasar Parkiran Batu

Coba lirik pusat kuliner kaki lima di samping pintu masuk Jatim Park 1. Inilah Pasar Parkiran yang bisa dijadikan pilihan hiburan malam murah meriah. Tempat ini tampil semarak di malam hari berkat lampion cantik dan lampu warna-warni. Ada juga kontainer bekas dengan warna mencolok yang difungsikan sebagai taman baca gratis, rumah kaca, dan wahana 3D art. Pilihan kuliner yang ditawarkan wisata Batu ini pun cukup beragam.

3 dari 7 halaman

5. Jawa Timur Park 2

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ayu oktavia ningrum (@ayu_viaa)

Sudah bosan dengan Jatim Park 1, main ke Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo nomor 9. Objek wisata Batu yang satu ini punya Batu Secret Zoo dan Eco Green Park yang pasti disukai anak-anak. Juga ada akuarium dengan berbagai jenis ikan, pulau harimau, rumah terbalik, fantasy land, dan river adventure yang tak kalah seru. Buat akomodasi, ada Pohon Inn Hotel yang memiliki desain bangunan unik seperti rumah pohon raksasa.

6. Jawa Timur Park 3

Terbaru dari Jatim Park Group adalah Jatim Park 3 yang beralamat di Jalan Raya Ir. Soekarno nomor 144. Taman hiburan ini punya Dino Park, Infinite World, Fun Tech Plaza, sampai Museum Musik Dunia.

7. Goa Pinus

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Happy Swandika (@happyswandika)

Goa Pinus sebenarnya adalah bekas lokasi penambangan peninggalan Jepang yang disulap menjadi wisata Batu bernuansa alam nan kekinian. Lengkap dengan berbagai spot foto Instagramable berlatar hutan pinus yang cantik. Mau foto di deretan gubuk jerami, sarang burung raksasa, balon udara, atau gardu pandangnya? Tempat ini berada di Gang Mbah Ba'i, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

8. Predator Fun Park

Predator Fun Park yang bermaskot buaya unyu merupakan taman hiburan dengan tema reptil yang berlokasi di Jalan Raya Tlekung 315, Kecamatan Junrejo, Batu. Tempat ini punya berbagai jenis wisata edukatif yang menarik buat anak. Mulai dari galeri buaya, croco train, waterboom, outbond, family fun house, hingga saung angklung.

4 dari 7 halaman

9. Batu Night Spectacular (BNS)

Buat wisata Batu di malam hari yang meriah, coba mampir ke Batu Night Spectacular (BNS) bersama keluarga. Ada berbagai jenis wahana permainan seru yang bisa dicoba. Sekadar jajan atau menikmati keindahan Lampion Garden juga bisa.

10. Taman Langit Gunung Banyak (Paralayang) & Omah Kayu

Jalan Gunung Banyak adalah tempat wisata Batu yang disukai anak muda, karena di sini ada suguhan city view yang cantik dinikmati saat siang hari ataupun malam hari. Selain wisata paralayang, di sini juga ada Omah Kayu yang menawarkan spot foto keren dengan pemandangan hutan hijau dari ketinggian.

11. Wisata Payung

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bien Nguyen (@bienontheroad)

Puncak Payung ini sebenarnya cuma deretan warung tempel yang berdiri di tepi jurang berkelok. Letaknya di perbatasan Kelurahan Songgokerto dan Kecamatan Pujon, Malang. Makanan yang ditawarkan sederhana, biasanya jagung bakar, mi instan, atau bakso. Satu hal yang menjadikan kulineran di sini istimewa adalah udara sejuk dan pemandangan hutan bambu di belakangnya.

12. Coban Rais

Wisata air terjun Coban Rais yang dulunya cuma terkenal buat kemah dan outbond kini sudah bersolek menjadi objek wisata Batu Instagramable yang ramai dikunjungi anak muda maupun keluarga. Di sini ada Batu Flower Garden yang menawarkan spot foto keren. Mau pilih gardu pandang di ketinggian, ayunan ekstrem, sepeda udara, replika Hobbiton, atau pulau awan?

5 dari 7 halaman

13. Batu Love Garden (BALOGA)

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BALOGA Batu Love Garden (@balogaofficial)

Ada juga Batu Love Garden yang menawarkan keindahan 600 spesies bunga dalam tatanan topiari, rumah kaca, hingga padang bunga. Objek wisata Batu yang dikenal juga dengan nama BALOGA ini dibangun di atas lahan seluas 7 hektar yang beralamat di Jalan Raya Pandanrejo nomor 91.

14. Coban Talun

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SEPUTAR KOTA BATU (@explore_batu)

Sama seperti Coban Rais yang dulu cuma populer sebagai tempat kemah, Coban Talun juga sudah disulap menjadi objek wisata Batu yang kekinian. Lengkap dengan taman bunga yang ditata serasi dan resort model perkampungan suku Apache yang cocok buat berlibur bersama keluarga. Wisatawan juga bisa mengelilingi area tempat wisata dengan ATV atau menajajal rafting.

15. Coban Putri

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Coban Putri (@cobanputri)

Ada juga Coban Putri yang mungkin masih kalah pamor dari Coban Rais dan Talun. Lokasinya di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Tempat ini punya air terjun kembar yang cukup unik. Ada juga fasilitas offroad, panjat tebing, flying fox, dan camping ground yang bisa dijajal. Mau foto aesthetic buat Instagram? Ada banyak spot foto menarik seperti tangan dewa, ayunan, hingga bintang.

16. Taman Wisata Selecta

Selecta adalah objek wisata Batu lawas yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi warga Batu dan sekitarnya. Taman bunganya yang senantiasa asri menjadi daya tarik utama. Biasanya, tempat ini dipilih untuk lokasi piknik bersama keluarga.

6 dari 7 halaman

17. Kusuma Agrowisata

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kusuma Agrowisata (@agrowisata)

Kusuma Agrowisata menawarkan wisata petik buah yang pas dikunjungi bersama keluarga. Di objek wisata Batu yang satu ini juga ada wahana air Kusuma Waterpark untuk menyegarkan diri bersama anak-anak.

18. Pemandian Air Panas Cangar

Cangar adalah objek wisata Batu yang menawarkan kolam-kolam air panas alami di pegunungan. Cocok untuk berendam sambil bersantai atau terapi kesehatan. Kalaupun tak ingin berendam, pemandangan kebun dan ladang sayuran yang dilewati sebelum mencapai tempat ini saja sudah bikin mata segar.

19. Batu Wonderland

Sebenarnya, Batu Wonderland adalah kawasan hotel dan resort yang beralamat di Jalan Imam Bonjol nomor 9, Temas. Namun, di sini juga ada waterpark yang bisa dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

20. The Onsen Hot Spring Resort

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by YOIKI M A L A N G (@yoiki_malang)

Di kawasan wisata Batu, Songgoriti yang terkenal dengan pemandian air panas dan vilanya ada The Onsen, resort yang menawarkan sensasi liburan mewah bergaya Jepang. Suasananya memang dibuat persis seperti onsen di negeri sakura. Kalau tak kepingin menginap, sekadar berkunjung dan foto-foto di jembatan kayu atau torii merah dengan yukata sewaan juga boleh.

7 dari 7 halaman

21. Kaliwatu Rafting

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Wawan Kaliwatu (@wawankaliwatubatu)

Berpusat di Jalan Raya Bung Tomo nomor 19, Bumiaji, Kaliwatu Rafting menawarkan paket wisata arung jeram dan aktivitas outdoor lainnya. Pengunjung tinggal memilih paket wisata yang diinginkan. Biasanya sudah mencakup arung jeram dan menginap.

22. Desa Wisata Bunga Sidomulyo

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TS (@tantriseating)

Mau borong tanaman hias dengan harga murah sekalian piknik menikmati pemandangan Gunung Arjuno? Coba mampir ke Desa Wisata Bunga Sidomulyo.

Ikuti arahan Google maps ke Mall Bunga Sidomulyo yang ada di Jalan Gelora Bunga. Deretan kios sampai tempat budidaya tanaman hias siap menanti.

Jangan kaget kalau harga tanaman di sini jauh lebih murah daripada pasar bunga di kota Malang dan sekitarnya. Lebih murah lagi kalau Anda mendatangi kebun petaninya.

23. Agrowisata Kaki Langit Brakseng

Kalau sudah sering ke Kusuma Agrowisata, sesekali mampir ke Brakseng. Daerah pertanian sayur mayur ini terletak di Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Brakseng punya banyak spot foto cantik. Ada juga tempat makan dan ngopi santai sambil menikmati pemandangan kebun hijau membentang. Pastikan Anda mampir ke kawasan ini saat tidak sedang musim panen, sehingga seluruh lahan masih terlihat hijau.

24. Kebun Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar

Beralamat di Jalibar Dusun, Oro-Oro Ombo, Megastar lebih dikenal sebagai lokasi peternakan kuda. Tapi bukan cuma atraksi menunggang kuda yang ditawarkan di sini. Megastar juga punya kebun bunga matahari yang Instagramable.

Itulah berbagai objek wisata Batu yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga di kala liburan. Selalu terapkan protokol kesehatan, ya. (mdk/tsr)

Baca juga:
Mengunjungi Museum Es Krim di Singapura
10 Destinasi Wisata Dunia dengan Sunset Terbaik, Termasuk Bali
Bali Masuk Daftar Destinasi Wisata dengan Sunset Terindah di Dunia
Mengungkap Cara Kerja Travel Gelap di Masa Pandemi Covid-19
Panglima TNI dan Kapolri Diminta Tindak Tegas Aparat Beking Travel Gelap

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami