22 Manfaat Alpukat untuk Wajah, Rambut, dan Tubuh

GAYA | 9 September 2019 10:37 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Manfaat alpukat sebagai salah satu buah paling bernutrisi memang sudah tak diragukan lagi. Buah dengan citarasa gurih ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, antara lain vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin C, dan vitamin E.

Alpukat juga mengandung asam oleat dan asam linoleat. Keduanya merupakan golongan asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Sementara kandungan antioksidan flavonoid di dalam alpukat diyakini mampu menjauhkan kanker.

Selain menyehatkan, manfaat alpukat atau avokad yang juga tak bisa dikesampingkan adalah khasiatnya yang beragam untuk kecantikan. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku.

Apa saja manfaat alpukat untuk kecantikan yang perlu kita ketahui. Mari kita bahas bersama!

Manfaat Alpukat untuk Perawatan Kecantikan

1. Menjadikan Kulit Halus dan Lembap

2. Merawat Kelembutan Kulit Tangan

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

4. Menjadikan Kulit Bercahaya

5. Melembutkan Tumit yang Pecah-Pecah

6. Meningkatkan Kesehatan Kuku

7. Meredakan Eksim

8. Membantu Mengobati Luka

Manfaat Alpukat untuk Wajah

1. Memudarkan Kantung Mata

2. Melembapkan Kulit Wajah

3. Sebagai Sleeping Mask

4. Mencegah Kerutan

Manfaat Alpukat untuk Rambut

1. Menjadikan Rambut Lembut dan Mudah Diatur

2. Melindungi Rambut dari Kerusakan

3. Mengatasi Ujung Rambut Bercabang

4. Menjadikan Rambut Berkilau

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut

6. Menutrisi Kulit Kepala

Manfaat Alpukat untuk Diet

Membantu menekan rasa lapar serta meningkatkan kepuasan makan pada orang dewasa dengan berat badan berlebih.

1 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Jika Dikonsumsi

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi menjadikan buah alpukat dipercaya baik untuk kecantikan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, Anda akan mendapatkan khasiat-khasiat berikut.

1. Melembapkan Kulit dari Dalam

Menurut artikel lansiran The Health Site, buah alpukat mengandung kalium, vitamin E, dan lecithin. Nutrisi-nutrisi ini baik untuk menjaga kelembapan alami kulit dari dalam.

2. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika minyak dan kulit mati terakumulasi di dalam atau dekat folikel rambut. Hal ini pada akhirnya mencegah masuknya oksigen ke bagian dalam kulit. Masalah kulit ini bisa dicegah dengan konsumsi alpukat setiap hari.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Konsumsi buah ini bisa menghidrasi kulit dan mencegah penumpukan residu minyak. Selain itu, terdapat kandungan antiperadangan yang mampu membantu meredakan kemerahan di kulit serta peradangan yang berhubungan dengan jerawat.

2 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

1. Menjadikan Kulit Halus dan Lembap

Ingin mengobati kulit kering berkerak atau pecah-pecah di siku, lutut, atau lipatan jari? Campurkan sedikit losion yang biasa Anda gunakan dengan setengah sendok teh minyak alpukat.

2. Merawat Kelembutan Kulit Tangan

Apakah Anda memiliki kulit tangan yang kering dan mengelupas? Rawat saja dengan alpukat. Campurkan seperempat buah alpukat matang dengan satu putih telur, dua sendok makan oatmeal, satu sendok teh jus lemon. Aduk hingga merata.

Selanjutnya letakkan campuran tersebut pada tangan dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Tangan kalian akan terasa lembut.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Alpukat merupakan solusi Kombinasikan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan garam, madu, dan air perasan lemon. Usapkan ke seluruh bagian tubuh. Lakukan gerakan memijat melingkar untuk membantu proses pelepasan sel kulit mati. Setelah itu bilas hingga bersih.

4. Menjadikan Kulit Bercahaya

Miliki kulit yang halus dan bercahaya dengan perawatan lulur alpukat dan tepung beras secara teratur. Haluskan satu buah alpukat matang. Kemudian campurkan dengan 3 sendok makan tepung beras dan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga tercampur dan balurkan ke kulit sedikit demi sedikit. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

5. Melembutkan Tumit yang Pecah-Pecah

Gunakan foot cream pisang dan alpukat untuk mengobati tumit pecah-pecah secara alami. Iris setengah buah alpukat dan pisang, kemudian lembutkan hingga menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan pasta alpukat dan pisang itu ke bagian yang pecah-pecah pada kaki. Biarkan selama 10 menit, kemudian basuh hingga bersih. Setelah itu, keringkan kaki.

6. Meningkatkan Kesehatan Kuku

Agar terhindari dari kuku yang kering dan pecah-pecah, Anda bisa menjadikan alpukat solusi. Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa menggunakan minyak alpukat. Mengoleskannya pada kuku dan kulit di sekitarnya bisa mengobati masalah pecah-pecah yang terjadi.

7. Meredakan Eksim

Eksim merupakan masalah kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Keberadaan antioksidan dan vitamin di dalamnya menyebabkan alpukat bisa membantu mengobati kulit dan mengatasi eksim secara bertahap.

Agar terhindar dari masalah ini, gunakan minyak alpukat. Walau begitu, penting untuk melakukan tes terlebih dahulu pada bagian kulit untuk mengetahui apakah pengobatan ini bisa efektif atau tidak.

8. Membantu Mengobati Luka

Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, minyak alpukat dapat membantu mengobati luka. Keberadaan asam lemak esensial dan asam oleik di dalam alpukat bisa membantu mengatasi luka.

Kedua kandungan asam tersebut bisa mendorong sintesis kolagen serta mengurangi parahnya luka. Asam lemak juga mampu mengurangi peradangan selama proses penyembuhan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat untuk Wajah

1. Memudarkan Kantung Mata

Tinggalkan krim mahal dan beralih ke alpukat. masker alpukat adalah ramuan paling mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

2. Melembapkan Kulit Wajah

Jika Anda bermasalah dengan kulit wajah yang kering, rawatlah dengan facial oil yang terbuat dari avocado oil atau minyak alpukat. Facial oil ini cocok digunakan setelah toner atau sebelum krim malam.

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak alpukat
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 2 tetes rosehip/jasmine/lavender oil

Instruksi:

  1. Tuangkan minyak ke dalam botol kecil atau wadah kedap udara lainnya. Oleskan setetes minyak pada wajah setiap malam.
  2. Simpan botol minyak di tempat yang terlindung dari pancaran langsung sinar matahari.

3. Sebagai Sleeping Mask

Sleeping mask atau overnight mask tak hanya menjadikan kulit wajah lebih baik dalam semalam. Anda juga akan bangun dengan perasaan yang lebih baik karena kulit terasa lebih lembap dan kenyal.

Bahan:

  • 1/4 cangkir minyak alpukat
  • 2 sendok makan minyak kelapa padat
  • 2 sendok makan beeswax (lilin lebah)
  • 1 sendok makan shea butter
  • 2 butir kapsul vitamin E

Instruksi:

  1. Keluarkan isi kapsul vitamin E, kemudian campur dengan seluruh bahan di panci yang higienis. Panaskan beberapa detik di atas api kompor hingga minyak kelapa, shea butter, dan beeswax meleleh. Angkat, kemudian aduk hingga menjadi cairan kental. Pindahkan ke wadah kedap udara yang higienis.
  2. Oleskan sleeping pack sebagai pengganti krim malam sebelum tidur. Setelah bangun tidur keesokan harinya, cuci wajah dengan face cleanser.

4. Mencegah Kerutan

Lakukan facial massage dengan krim yang terbuat dari minyak alpukat dan yogurt untuk melancarkan peredaran darah di wajah.

Krim pemijatan khusus wajah ini sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan bisa menjadikan wajah bebas kerutan jika digunakan secara teratur.

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak alpukat
  • 1 sendok teh air lemon/jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh yogurt tawar

Instruksi:

  1. Campurkan semua bahan hingga merata, kemudian gunakan untuk memijat wajah. Usapkan di area T wajah, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke arah luar.
  2. Lakukan pemijatan selama 5 menit, setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih.
4 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat untuk Rambut

Minyak alami di dalam buah alpukat bisa difungsikan sebagai pelembap untuk rambut. Daging buah alpukat atau minyak sari alpukat sama-sama bermanfaatnya untuk perawatan rambut. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Menjadikan Rambut Lembut dan Mudah Diatur

Masker dari buah ini cocok untuk rambut yang kering, rusak, dan bercabang. Berikut ini resepnya yang dimodifikasi dari situs Natural Hair Rules.

Bahan:

  • 1/2 buah alpukat
  • 1 sendok makan madu organik
  • 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Haluskan daging buah alpukat matang menggunakan peralatan yang higienis. Campurkan dengan sesendok makan madu organik dan sesendok makan mayones. Terakhir masukkan minyak zaitun dan aduk hingga menjadi pasta kental.
  2. Usapkan masker alpukat pada rambut. Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

2. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Vitamin dan mineral dalam buah alpukat berfungsi untuk melindungi batang rambut dari pengaruh buruk polusi, bahan kimia, dan sinar matahari.

3. Mengatasi Ujung Rambut Bercabang

Minyak alami dalam buah alpukat memperbaiki kondisi rambut yang kering, rapuh, dan bercabang. Usapkan avocado oil pada ujung rambut yang bercabang secara teratur.

4. Menjadikan Rambut Berkilau

Selain mengatasi rambut bercabang, minyak alami dalam buah alpukat yang mengandung vitamin dan asam lemak omega 3 juga efektif untuk menjadikan rambut lebih halus dan berkilau.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Buah ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Jika diaplikasikan pada kulit kepala, nutrisi dalam buah alpukat dapat merangsang pertumbuhan rambut.

6. Menutrisi Kulit Kepala

Kulit kepala yang sehat diperlukan untuk menopang batang rambut dan mencegah ketombe. Nutrisi dalam buah alpukat dapat memberikan kandungan penting yang dibutuhkan oleh kulit kepala.

5 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat untuk Diet

Dilansir dari Medical Daily, buah yang disebut bermanfaat untuk menurunkan berat badan ini adalah Alpukat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah lezat ini memiliki kandungan yang bisa membantu menurunkan berat badan serta melawan obesitas.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Illinois Institute of Technology menyatakan bahwa Alpukat dapat membantu secara signifikan menekan rasa lapar serta meningkatkan kepuasan makan pada orang dewasa dengan berat badan berlebih. Buah ini disebut sebagai alternatif sehat untuk asupan karbohidrat.

"Selama bertahun-tahun, lemak disebut merupakan penyebab utama obesitas dan kini karbohidrat tengah diteliti dalam peranan mereka untuk membatasi keinginan makan serta menjaga berat badan," ungkap Britt Burton-Freeman, direktur dari Center for Nutrition Research di Illinois Tech.

Alpukat ini juga membantu menurunkan insulin dan kadar gula berlebih, sehingga mampu menurunkan risiko diabetes serta penyakit kardiovaskular. Lemak sehat serta serat secara potensial berkontribusi meningkatkan kesehatan pada orang yang mengonsumsi buah ini sebagai menu makan rutin mereka. (mdk/tsr)

Baca juga:
Ini Khasiat Kecantikan yang Dikandung Buah Ceri
10 Buah Murah Meriah Bernutrisi Super untuk Kulit Cantik dari Dalam
12 Manfaat Buah Plum Bagi Wanita
Mengenal Air Nabeez, Infused Water ala Rasulullah dan Cara Membuatnya