3 Resep Cara Membuat Cilok dan Bumbu Kacang Cilok yang Enak dan Mudah

3 Resep Cara Membuat Cilok dan Bumbu Kacang Cilok yang Enak dan Mudah
GAYA | 4 September 2017 18:56 Reporter : Bethari Taya

Merdeka.com - Siapa yang tak tahu cilok? Jajan murah yang disukai semua kalangan ini memang merupakan jajanan wajib. Aneh rasanya jika di depan sekolah atau kampus bahkan kantor tak nampak tukang jualan cilok.

Cilok sendiri sama seperti jajanan pinggir jalan lainnya, tidak jelas asal muasalnya. Tapi banyak yang bilang kalau cilok berasal dari Bandung. Penamaan cilok, dilansir dari Wikipedia, berasal dari kata aci dan dicolok. Dikatakan aci karena bahan utama adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci dan dihidangkan dengan cara dicolok.

Cilok adalah jajan yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal. Hampir sama dengan bakso, namun bahan dasarnya beda. Jika bakso komposisi dagingnya banyak dengan sedikit tepung, maka cilok sebaliknya. Banyak tepung sedikit daging, bahkan ada yang sama sekali tidak ada daging. Oleh karena itu tekstur cilok jauh lebih kenyal daripada bakso.

ilustrasi cilokIlustrasi cilok

Cara penyajiannya biasanya dengan menggunakan bumbu kacang. Ada pula variasi lainnya, ada cilok bakar, cilok goreng, atau cilok yang berisi telur, atau masih banyak lagi.

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi yang enak. Di artikel kali ini, mari kita cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau bisa saja dipanggil dengan cilok Bandung. Daripada berlama-lama lagi, simak berikut ini cara membuat cilok Bandung dengan 3 langkah mudah.


Baca Selanjutnya: Cara Membuat Cilok Bandung...

Halaman

(mdk/mg2)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami