3 Jenis Roasting pada Kopi, Bekal untuk Membuka Bisnis Coffee Shop Kekinian

3 Jenis Roasting pada Kopi, Bekal untuk Membuka Bisnis Coffee Shop Kekinian
3 Jenis Roasting pada Kopi, Bekal untuk Membuka Bisnis Coffee Shop Kekinian. ©2022 Shutterstock
GAYA | 14 Januari 2022 15:49 Reporter : Jeffreydien Winanda

Merdeka.com - Jika melihat pasar food and beverages dalam beberapa tahun terakhir, coffee shop selalu muncul ke permukaan dan memiliki tempat di hati masyarakat. Bukan tanpa alasan, kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup modern yang memiliki produktivitas tinggi.

Hal ini membuat coffee shop menjadi area bisnis yang menjanjikan bagi para pelakunya. Kamu tertarik untuk terjun ke dunia bisnis coffee shop?

Bekali diri dengan basic knowledge tentang kopi, mulai dari jenis biji hingga pengolahannya. Salah satu hal terpenting adalah metode roasting yang nantinya akan memunculkan karakter dari varian kopi. Lantas apa saja jenis roasting pada kopi?

Light Roast

3 jenis roasting pada kopi bekal untuk membuka bisnis coffee shop kekinian
©2022 Shutterstock

Sesuai namanya, light roast menghasilkan warna kopi yang lebih cerah setelah diolah. Kopi yang memiliki warna kehijauan tetap memiliki unsur kecerahan ketika diolah dengan kadar light roast.

Pada tingkatan ini, kopi light roast memiliki kadar keasaman yang paling tinggi. Tak hanya itu, biji kopi light roast juga memiliki kandungan kafein yang paling tinggi pula.

Meski begitu, biji kopi light roast memiliki rasa yang lebih bright dan cenderung dicintai oleh coffee addict. Hal inilah yang membuat pengolahan light roast menjadi rahasia dalam menciptakan signature menu di kedai kopi kekinian.

Medium Roast

3 jenis roasting pada kopi bekal untuk membuka bisnis coffee shop kekinian
©2022 Shutterstock

Metode pengolahan medium roast pada biji kopi menjadi yang paling seimbang dibanding yang lainnya. Hal ini lantaran hasil dari kopi yang diolah memiliki kandungan dan rasa cenderung seimbang.

Biji kopi medium roast memiliki tingkat keasaman sedang sehingga cenderung aman bagi pencernaan penikmat kopi. Rasa yang dimiliki pun seimbang antara asam, pahit, dan manis.

Dark Roast

3 jenis roasting pada kopi bekal untuk membuka bisnis coffee shop kekinian
©2022 Shutterstock

Metode dark roast pada pengolahan kopi menjadi yang paling umum di pasaran baik coffee shop maupun kopi instan. Sesuai namanya, dark roast memiliki warna yang sangat pekat dan punya sensasi rasa pahit serta smoky.

Biji kopi dark roast pun menjadi primadona lantaran memiliki tingkat keasaman sedang. Tak hanya itu, kandungan kafein dalam biji kopi dark roast sangat rendah dibanding dengan metode pengolahan lainnya.

Selain memahami berbagai metode roasting pada biji kopi, penting pula untuk menyiapkan modal yang kuat saat membuka bisnis coffee shop. Bekerja sama dengan bank yang proaktif dalam membantu mengembangkan industri kreatif serta memiliki suku bunga ringan akan membuat bisnis yang dijalankan siap untuk melebarkan sayap.

(mdk/jfw)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami