4 Cara Mengatasi Kebiasaan Ngaret untuk yang Baru Mulai Bekerja

GAYA | 9 Agustus 2019 16:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Bagi yang baru saja diterima bekerja untuk pertama kalinya, fase ini menjadi momen yang menggembirakan sekaligus menegangkan. Perlu persiapan yang optimal, jangan sampai hari pertama dihiasi dengan keterlambatan yang dapat memberi kesan negatif buat atasan maupun rekan kerjamu. Yuk, hilangkan kebiasaan terlambat dengan 4 cara #AntiNgaret berikut ini.

Tentukan Jam Berapa Harus Tiba di Kantor

Sebagai bagian dari persiapan awal, cari tahu kapan hari kerja dimulai dan pada jam berapa harus benar-benar tiba. Secara umum, datang 15-20 menit sebelum dimulainya hari kerja untuk memberimu cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

Ingat, kita bukan hanya ingin tepat waktu, tapi juga bisa bekerja secara on time. Gunakan waktu tersebut untuk mengenal ruang kantor, membiasakan diri di meja kerja, hingga mempersiapkan barang-barang yang digunakan untuk bekerja.

Fokus Selesaikan Lima Tugas di Pagi Hari

Sederhanakan pagi dengan fokus menyelesaikan hanya lima tugas di rumah. Jika mampu menempatkan perhatian penuh untuk menyelesaikan tugas satu per satu, hal ini akanmembantumu untuk #AntiNgaret.

Apapun yang tidak termasuk dalam lima tugas, mandi, berpakaian, sarapan, mengumpulkan barang-barang, dan berangkat, hindari atau tunda di kemudian hari. Mungkin butuh beberapa latihan untuk membiasakan diri tapi tentunya tidak akan sia-sia saat tiba waktunya untuk bekerja.

Tetapkan Waktu Keberangkatan

Ini adalah waktu yang harus dibiasakan untuk meninggalkan rumah dan berada di jalan menuju tempat kerja. Mulailah kebiasaan #AntiNgaret dengan bangun beberapa menit lebih awal di pagi hari, mengatur jadwal untuk diri sendiri sepanjang hari hingga mengatur pengingat pada ponsel untuk membantumu datang tepat waktu. Semua lima tugas harus diselesaikan pada batas waktu ini dan bersiap-siap untuk keluar rumah.

Persiapkan Malam Sebelumnya

Bukan termasuk morning person? Tips kali ini bakal sangat membantu. Siapkan barang pada malam hari yang akan mempermudah jadwalmu pada esok hari. Hindari membuang waktu yang berharga untuk mencari barang atau menyiapkan sarapan.

Jika perlu, buat list harian untuk mengingatkanmu apa yang harus dipersiapkan malam sebelum bekerja. Mulai dari menata pakaian, menyiapkan tas kerja, charge penuh semua gadget yang akan dibawa, hingga siapkan kartu ID kantor, dompet, maupun kunci rumah.

Buat kesan pertama yang baik, salah satunya dengan #AntiNgaret saat pertama kali masuk kerja. Manfaatkan GrabBike yang mudah didapatkan berkat jumlah armada yang memadai dan lebih tepat waktu.

Ada 4 kemudahan yang ditawarkan oleh Grab untuk mendukungmu mengejar hal-hal penting dalam hidupmu. Mulai dari 5 juta titik jemput yang lebih akurat, fitur Saved Places untuk menyimpan alamat yang sering dikunjungi, layanan GrabNow untuk mendapat mitra pengemudi tedekat, dan fitur Venues yang memandu pelanggan ke lokasi jemput dengan bantuan foto dan teks.

Siapkan dirimu memasuki dunia kerja dengan dukungan penuh dari GrabBike lewat program #AntiNgaret. Yuk, temukan informasi lebih lengkap di instagram, @GrabID. (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.