4 Film Wajib Tonton Kalau Kamu Concern dengan Isu Gender di Kim Ji-young: Born 1982

4 Film Wajib Tonton Kalau Kamu Concern dengan Isu Gender di Kim Ji-young: Born 1982
GAYA | 29 November 2019 12:21 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kim Ji-young: Born 1982 menjadi salah satu judul film paling banyak dibicarakan tahun ini. Isu kesetaraan gender dan opresi terhadap wanita yang ditampilkannya menuai kontroversi tersendiri, baik di negara asalnya, Korea Selatan maupun di seluruh dunia.

Sebelum Kim Ji-young, sebenarnya cukup banyak film, serial televisi, atau fiksi yang mengusung isu sosial sejenis. Sebut saja novel The Handmaid's Tale atau serial Mad Men.

Bagi kamu yang concern dengan isu gender di film Kim Ji-young, silakan coba menonton film-film berikut.

1 dari 4 halaman

1. Mustang (2015)

mustang 2015

CG Cinema

Sebuah film tentang perempuan dari seorang sutradara perempuan. Deniz Gamze Erguven menyajikan sepotong kisah bernuansa feminis lewat lima gadis panti asuhan dalam menghadapi opresi dan budaya patriarki di Turki. Film ini mendapat banyak nominasi di anugerah perfilman internasional, termasuk Cesar Awards, Golden Globe, dan Academy Awards.

2 dari 4 halaman

2. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

perempuan berkalung sorban

Starvision

Indonesia punya film Perempuan Berkalung Sorban yang sempat jadi kontroversi, karena dianggap menyudutkan salah satu agama. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini diangkat dari novel berjudul sama karya Abidah El Khalieqy.

Ceritanya sendiri berpusat pada Anissa (Revalina S. Temat), seorang putri kiai dengan pikiran modern yang menolak tradisi konservatif di mana posisi seorang wanita harus selalu berada di bawah lelaki.

3 dari 4 halaman

3. Iron Jawed Angels (2004)

iron jawed angels

HBO Films

Iron Jawed Angels adalah sebuah film drama historis yang mengangkat perjuangan gerakan wanita di abad 20 untuk mendapatkan hak pilih. Film ini disutradarai oleh Katja von Garnier dan dibintangi sederet aktris kelas satu, antara lain Hilary Swank, Anjelica Huston, dan Vera Farmiga. Film ini berhasil memenangkan Golden Globe, American Society of Cinematographers, dan Satellite Awards.

4 dari 4 halaman

4. The Stoning of Soraya M. (2008)

the stoning of soraya m

Mpower Pictures

Film berlatar Iran ini diangkat dari novel La Femme Lapidee karya jurnalis berdarah Prancis-Iran, Freidoune Sahebjam. Ceritanya sendiri bertutur tentang kisah nyata Soraya Manutchehri, seorang wanita yang dihukum rajam hingga tewas atas tuduhan zina.

Sejumlah saksi menyebut hukuman yang diterima Soraya merupakan buah dari tipu muslihat suaminya yang ingin menikahi seorang gadis berusia 14 tahun. Sang suami menyebar rumor tentang perbuatan asusila istrinya untuk menghindari perceraian yang mengharuskannya tetap memberi nafkah dan mengembalikan mas kawin.

Sampai saat ini, The Stoning of Soraya M. yang dibintangi Jim Caviezel masih menjadi salah satu film paling kontroversial. Film ini juga masih dilarang beredar di Iran.

Demikian film-film yang mengangkat isu opresi terhadap wanita dan kesetaraan gender. Layak masuk daftar tontonan kalau kamu merasa tergugah dengan isu sosial yang diangkat film Kim Ji-young: Born 1982. (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Film Keren yang Cocok Buat Penggemar Sulap
Selain Maleficent, Ini 8 Live Action Animasi Legendaris Disney yang Layak Kamu Tonton
6 Film Adaptasi Novel Klasik yang Layak Kamu Tonton
Bingung Habiskan Waktu Liburan? Tonton 6 Film yang Tampilkan Profesi Tak Biasa Ini
Penyedia Layanan Nonton Film Online Hadir, Bos Bekraf Beberkan Untung Ruginya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5