4 Rumah Presiden Indonesia yang homey banget

GAYA | 9 Mei 2018 07:03 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Tempat yang paling nyaman adalah rumah. Orang akan rela mengeluarkan uang hanya untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan aman untuk seluruh anggota keluarganya. Tidak terkecuali para presiden Indonesia. Mereka juga memiliki rumah tidak mewah, tapi homey atau nyaman banget.

Di rumah itulah jadi tempat istirahat dari kesibukannya. Dalam rumah itu, mereka bisa bermain dengan anak dan cucu-cucunya. Inilah rumah para presiden:

1 dari 4 halaman

Rumah Presiden Jokowi di Solo

Jokowi dan cucu. ©Youtube/Presiden Joko Widodo

Semenjak menjadi Presiden, Jokowi memang menetap di Istana Presiden. Tapi dia tidak melupakan rumah pribadinya yang berada di Solo, Jawa Tengah. Presiden Jokowi sering kali ke rumah pribadinya untuk bersantai bersama keluarganya dari kesibukannya memimpin negara ini. Karena rumah pribadinya terlihat sangat nyaman dan santai kental terasa begitu masuk ke dalam rumah. Ruang tengah Jokowi diisi oleh sedikit sofa dan sebuah meja kayu jati. Sisanya, hanya karpet dengan dua buah bantal besar untuk lesehan.

Kesan homey semakin terasa jika melihat ruang makan tersambung lagi dengan sebuah pintu ke halaman belakang. Taman kecil yang terdapat tanaman dan hewan-hewan peliharaan Jokowi seperti burung yang menambah asri dan nyaman. Serta pendapa serba kayu lengkap dengan kolam renang kecil terdapat di sana. Bahkan Jokowi pernah memamerkan keakrabannya bersama sang cucu, Jan Ethes Srinarendra, yang asik bermain air di kolam renang rumah sang presiden.

2 dari 4 halaman

Rumah SBY di Cikeas

Rumah SBY di Cikeas. ©rumgapres/abror rizki

Kediaman Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Jawa Barat, juga menampilkan kesan yang sangat homey atau nyaman. Nuansa adat Jawa sangat terasa jika masuk ke dalam rumah Ketum Partai Demokrat ini, terdapat sebuah pendopo yang sering kali dilakukan pertemuan penting dengan para tokoh politik atau tokoh lainnya.

Bukan hanya itu, rumah SBY juga terdapat halaman belakang sangat luas dan rindang. Karena seperti diketahui sang istri, Ibu Ani Yudhoyono sangat menyukai tanaman, sehingga di bagian halaman banyak tanaman hias seperti anggrek dan pohon-pohon yang berbuah seperti mangga dan lain-lain. Kesan homey semakin terasa karena halaman rumahnya sering kali sebagai ajang berkumpul bersama anak dan cucu-cucunya.

3 dari 4 halaman

Rumah Gus Dur di Ciganjur

Jokowi ke rumah Gus Dur. ©2014 Merdeka.com/Angga

Kediaman pribadi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terletak di Ciganjur, Jakarta Selatan juga tidak kalah homey dari rumah Presiden lainnya. Berbagai tanaman tumbuh subur di sekitar halaman rumah Gus Dur. Membuat berbeda dengan rumah Presiden yang lainna, yakni terdepat pondok pesantren dan Masjid Jami Al-Bayinnah yang terletak di kediaman Gus Dur.

Jadi rumah Gus Dur juga memberikan ketenangan bantin dengan adanya pondok pesantren.

4 dari 4 halaman

Rumah BJ. Habibie

rumah Bj Habibie. ©2017 Merdeka.com/imam buhori

Selanjutnya rumah Presiden ke-3 Indonesia, BJ. Habibie yang terletak di Patra Kuningan, Jakarta Selatan yang sangat nyaman dan homey banget. Rumah ini dibangun Habibie dan memiliki banyak kenangan terhadap mendiang sang istri Ainun Habibie. Salah satu bangunan yang mempunyai arti cukup dalam bagi Habibie adalah pendopo yang menurutnya merupakan peninggalan dari sang istri, Hasri Ainun. Pendopo tersebut terlihat indah dan berdesain budaya nusantara. Sisi sudut bangunan tampak banyak dihiasi ukiran Jawa yang sangat artistik.

Habibie juga memiliki perpustakan pribadi di dalam rumahnya. Ratusan buku yang tersusun rapi langsung terlihat. Karena banyaknya buku-buku yang ada, Habibie sampai perlu membuat rak hingga dua lantai. Perpustakaan ini akan memberikan rasa nyaman dan tenang, posisinya sendiri berada di bagian paling belakang rumah yang nampak asri ini.

(mdk/has)