4 Teknik Brainstorming yang Tepat untuk Menemukan Ide, Cocok untuk Pekerja Kreatif

4 Teknik Brainstorming yang Tepat untuk Menemukan Ide, Cocok untuk Pekerja Kreatif
4 Teknik Brainstorming yang Tepat untuk Menemukan Ide, Cocok untuk Pekerja Kreatif. ©2022 Shutterstock
GAYA | 14 Juli 2022 14:00 Reporter : Jeffreydien Winanda

Merdeka.com - Industri kreatif yang sedang berkembang akhir-akhir ini mampu mengeksplorasi sisi menarik dari generasi muda di era sekarang. Tak jarang, industri kreatif di berbagai sektor mampu memunculkan terobosan baru yang pastinya digandrungi masyarakat luas.

Namun, setiap ide hingga terobosan baru yang muncul dari sektor kreatif tak datang begitu saja. Dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan inspirasi segala lini sebelum akhirnya tercipta. Salah satu momen penting dalam memunculkan sebuah ide brilian adalah brainstorming.

Brainstorming sendiri adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menemukan solusi dan konklusi dengan cara mengumpulkan ide secara spontan. Brainstorming bisa dilakukan secara individu maupun kelompok.

Terdapat beberapa tipe brainstorming yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah. Apa saja?

Brain Writing

Brain writing adalah teknik memisahkan ide dari diskusi. Biasanya, pemimpin kelompok akan membagikan topik kepada tim yang kemudian masing-masing individu bisa menuangkan kreativitas masing-masing.

Teknik ini akan efektif jika brainstorming dilakukan secara kelompok yang anggotanya sebagian besar merupakan introvert. Namun, kamu juga bisa menggunakan teknik ini secara individu. Caranya hampir serupa, namun kamu perlu mengubah beberapa spot dalam menemukan ide, misalnya di rumah, saat perjalanan, hingga ketika singgah di kedai kopi kesayanganmu.

Round Robin Brainstorming

Jika semua anggota kelompok diminta untuk memberikan ide secara keseluruhan, maka round robin brainstorming ini patut dicoba. Teknik ini dilandaskan pada tim yang dikumpulkan secara melingkar.

Setelah topik dibagikan, maka setiap orang diminta secara bergantian untuk memaparkan idenya. Tujuan dari teknik ini adalah untuk membuat setiap anggota tim berpartisipasi dalam menyampaikan ide secara spontan.

Starbursting

Setiap konsep kreatif yang dicanangkan idealnya perlu dirancang secara detail. Untuk menghindari beberapa kekurangan yang tak terduga, teknik starbursting bisa diterapkan baik secara individu maupun kelompok.

Cara melakukannya adalah dengan membuat pertanyaan sebanyak mungkin terhadap topik atau konsep kreatif yang dirancang. Tujuannya adalah untuk memberikan aspek mendetail terhadap konsep yang dirancang. Semakin banyak pertanyaan yang dibuat, maka akan semakin baik hasilnya untuk konsep yang dirancang.

Figuring Storming

Sesuai namanya, teknik brainstorming ini menitik beratkan pada imajinasi tentang figur lain yang menangani situasi ini. Misalnya, kamu bisa membayangkan influencer favorit atau pimpinanmu menangani situasi yang sedang dilakukan. Dengan membayangkan sosok lain ini, diharapkan kamu bisa memberikan perspektif baru yang selama ini belum disadari.

(mdk/jfw)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini