5 Alasan di Balik Perilaku Unik Kucing Buang Air di Kantong Plastik

5 Alasan di Balik Perilaku Unik Kucing Buang Air di Kantong Plastik
©shutterstock
GAYA | 19 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Ada saja kejutan dari kucing untuk pemiliknya, terkadang membuatmu bangga, tapi tak sedikit yang bikin dahi langsung berkerut. Salah satunya buang air di luar litterbox dan memilih tempat yang tidak biasa seperti kantong plastik. Ini alasan umumnya!

Menyukai Tekstur

muezza baru
©shutterstock

Sering melihat kucing yang suka bermain-main dengan tas belanjaan atau menerkam kantong plastik? Teksturnya yang lembut dan nyaman membuat kucing suka bermain dengannya. Saking nyamannya, anabul bukan hanya memilih tidur di dalamnya tapi juga menjadikannya sebagai pengganti litterbox.

Lebih Nyaman daripada Litterbox

muezza baru
©shutterstock

Alasan lain mengapa banyak kucing mulai buang air kecil di atas plastik dan permukaan lain adalah kurang menyukai kotak pasirnya. Dikenal menyukai kebersihan, beberapa anabul kurang suka saat merasakan pasirnya menggumpal atau ada kotoran maupun pasir yang terselip di antara kakinya. Hewan peliharaanmu pun mencoba mencari benda lain untuk buang air kecil. Untuk mencegah perilaku aneh ini, pastikan untuk menjaga kebersihan litterbox dan rutin mengganti pasirnya.

Berebut Litterbox

muezza baru
©shutterstock

Pertimbangkan faktor ini terutama jika memiliki lebih dari satu kucing di dalam rumah. Anabul merupakan hewan teritorial, termasuk soal kotak pasirnya. Jika ada banyak kucing di rumah dengan litterbox yang terbatas, maka kemungkinan hewan peliharaanmu akan mencoba mencari alternatif yang menurutnya nyaman dan bersih.

Kemungkinan Penyakit

muezza baru
©shutterstock

Kucingmu lebih mungkin buang air kecil di atas plastik saat menderita ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Hal ini dipicu oleh keinginan untuk buang air kecil lebih sering dan mencari posisi yang nyaman ketimbang menggunkakan litterbox-nya.

Selain sering menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan saat buang air kecil, atau mendapati kotak pasirnya kering seharian bisa jadi pertanda anabulmu mengidap ISK. Bisa jadi masalah kesehatan yang serius seperti gagal ginjal, konsultaskikan ke dokter hewan jika kebiasaan ini terus berlanjut.

Menandai Wilayahnya

muezza baru
©shutterstock

Alasan terakhir ini umum dilakukan oleh kucing, terutama saat hidup bersama hewan peliharaan lainnya di rumah. Plastik dijadikan target umum spraying yang dilakukan baik oleh kucing jantan atau betina, meskipun sudah menjalani proses steril.

Selain faktor di atas, mudahnya akses kucing untuk mendapatkan kantong plastik bisa mengembangkan kebiasaan aneh ini. Simpan di tempat yang jauh dari jangkauannya dan latih dengan menggunakan treat yang diberikan saat anabul menjauhi tas belanjamu.

Soal treat, jangan asal memberikan makanan yang justru mengganggu kesehatan hewan peliharaanmu. Pilih Muezza yang dibuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik.

muezza baru
©Muezza

Sehat dan terjamin higienis, brand makanan kucing kering ini pun sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas cemas saat terkena liur kucing, juga saat mencuci mangkuk makan, membawanya bepergian, hingga menyimpannya di lemari bahan makanan.

Ada 4 varian yang bisa dipilih seperti Salmon Flavor, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Tuna Flavor yang jadi best seller. Beli Muezza di Shopee atau Tokopedia, langkah awal untuk kucing sehat dan bahagia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami