5 Bahasa Tubuh Kucing, Cara Unik Tunjukkan Kepercayaan pada Pemiliknya

5 Bahasa Tubuh Kucing, Cara Unik Tunjukkan Kepercayaan pada Pemiliknya
5 Bahasa Tubuh Kucing, Cara Unik Tunjukkan Kepercayaan pada Pemiliknya. ©Shutterstock
GAYA | 4 Maret 2021 07:30 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Saat kucing merasa nyaman dan menerima perhatian dari pemiliknya, anabul akan mulai menunjukkan rasa percayanya. Punya cara unik untuk mengekspresikan perasaannya, tapi ada beberapa bahasa tubuh yang bisa diamati saat berkomunikasi dengan orang terdekatnya.

Membawakan Hadiah

5 bahasa tubuh kucing cara unik tunjukkan kepercayaan pada pemiliknya
©Shutterstock

Sempat sebal saat melihat bangkai yang dibawakan oleh kucing kesayangannya? Naluri alami kucing akan menangkap makanan untuk diberikan pada keluarganya.

Jadi jika anabul membawakan tikus, burung, atau bahkan sampah, pikir dua kali sebelum memberikan reaksi negatif. Pasalnya, kucing mencoba menunjukkan rasa percaya dan menganggapmu sebagai bagian penting dalam hidupnya.

Memberi Thumbs Up dengan Ekornya

5 bahasa tubuh kucing cara unik tunjukkan kepercayaan pada pemiliknya
©Shutterstock

Bukan hanya anjing, kucing bisa mengirim berbagai pesan berbeda hanya dengan ekornya. Salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah anabul telah memberikan rasa percaya adalah melihat ekornya berdiri tegak, terutama saat melihat atau berjalan ke arahmu. Beberapa ahli menyebutnya sebagai thumbs up, bahkan adanya sedikit getaran pada ekornya juga menunjukkan perasaan positif yang dimiliki kucing padamu.

Memberikan Pijatan

5 bahasa tubuh kucing cara unik tunjukkan kepercayaan pada pemiliknya
©Shutterstock

Mendapatkan pijatan spesial dari kucing? Ini tandanya membutuhkan dan memercayaimu, seperti yang dilakukan saat anakan untuk memberitahu induknya kalau merasa lapar. Sayangnya, tak sedikit pemilik yang merasa risih karena cakarnya yang tajam terasa menyakitkan. Padahal aksinya ini dilakukan untuk berbagi perasaan aman dan bahagia dengan orang terdekatnya.

Mengusapkan Wajahnya

Bagi kucing, mengusapkan wajahnya pada seseorang dengan lembut merupakan tanda kasih sayang. Menjadi caranya menandai kaki atau wajah manusia, anabul ini sebenarnya menandai miliknya dengan kelenjar aroma yang ada di sepanjang sisi wajah dan bagian atas kepalanya. Aroma ini menandai milik kucing yang dipercayanya untuk mendapatkan cinta dan kepercayaan.

Makan dari Tanganmu

Biasanya, kucing tidak mengambil makanan dari tangan manusia meskipun merasa kelaparan. Berbeda dengan anjing, anabul mempercayai nalurinya untuk selalu waspada pada lingkungan di sekitarnya dan tidak akan mengambil camilan dari tangan orang asing. Jika anabul mau makan treat langsung dari tanganmu, siap-siap kegirarangan karena sudah mendapatkan kepercayaannya secara penuh.

Ingin menguji rasa percaya kucing padamu? Coba tawarkan dry food yang diletakkan di atas tanganmu dan lihat apakah anabulmu mau mengambilnya tanpa ragu-ragu. Sayangnya, justru pemilik kucing yang sering merasa risih saat memegang makanannya atau terkena liur kucing, karena dianggap najis.

5 bahasa tubuh kucing cara unik tunjukkan kepercayaan pada pemiliknya
©Merdeka

Liur kucing tidak membatalkan ibadah, tapi tidak ada salahnya untuk lebih cermat memilih cat food yang berlabel halal seperti Muezza. Tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, Muezza membantu menjaga kucing tetap sehat dengan bahan alami yang diolah dengan teknologi modern dan bebas dari bahan sintetik. Punya 4 varian rasa lezat yang disukai kucing, segera beli Muezza yang bisa didapatkan di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami