5 Fakta Tuxedo Cats, dari Jadi Pujaan Mesir Kuno hingga Inspirasi Animasi Ikonik

5 Fakta Tuxedo Cats, dari Jadi Pujaan Mesir Kuno hingga Inspirasi Animasi Ikonik
©shutterstock
GAYA | 6 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Sulit untuk menahan kekaguman pada penampilan tuxedo cats, alias kucing yang punya kombinasi warna bulu hitam dan putih. Kebetulan, anabul yang seperti sedang mengenakan tuksedo mungil ini merupaka kucng terkaya di dunia, pernah berperang, menemani mantan presiden AS Bill Clinton, hingga jadi inspirasi beberapa animasi ikonik. Ingin tahu fakta menarik lainnya?

Bukan Jenis Ras Tertentu

muezza baru
©shutterstock

Tuxedo cats bukan termasuk ras tertentu, tapi nama itu berasal dari dua warna bulu yang berbeda dan menyerupai tuksedo. Uniknya, tidak harus selalu hitam, tapi bisa juga abu-abu, perak, oren, dan juga tortoiseshell yang bersanding dengan warna bulu putih. Kombinasi warna bulu ini bisa dari berbagai ras seperti Maine Coon, Turkish Angora, American Shorthair, atau British Shorthairs.

Hasil Genetika

muezza baru
©shutterstock

Awalnya, tampilan bulu ini dipercaya merupakan hasil dari perkembangan sel pigmen yang lamban, sehingga tidak bisa mencapai semua bagian tubuh kucing. Namun, para peneliti sekarang percaya bahwa sel pigmen bergerak dan berkembang secara acak selama perkembangan janinnya.

Meskipun memiliki kesamaan genetik dengan kucing calico, tortoiseshell, dan tuksedo, ada satu perbedaan utama. Kebanyakan calico dan tortoiseshell adalah betina, tapi kucing tuksedo memiliki jumlah jantan dan betina yang sama.

Disembah di Mesir Kuno

muezza baru
©shutterstock

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing sangat dihormati dan disembah sebagai dewa oleh orang Mesir kuno. Faktanya, beberapa dewi Mesir digambarkan sebagai kucing sehingga simbolnya sering muncul di makam kerajaan, kerajinan emas, dan hieroglif. Uniknya, sekitar 70 persen kucing yang digambarkan di makam dan seni kuno ini adalah kucing tuksedo.

Berkembang Cepat dan Sangat Cerdas

muezza baru
©shutterstock

Bukan hanya tampilannya yang super keren, banyak yang menganggap perkembangan kucing tuksedo sangat cepat, bahkan menjadi salah satu yang tercerdas di dunia kucing. Sebagian besar anabul membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk membuka mata setelah lahir. Tapi kucing tuksedo yang baru lahir hanya perlu 24 jam penuh.

Ukir Sejarah Dunia

Percaya atau tidak, ada banyak kucing tuksedo yang punya peran dan jasa penting. William Shakespeare, Beethoven, dan Sir Isaac Newton semuanya memiliki anabul bermotif tuksedo.

Pada tahun 2012, Tuxedo Stan dari Halifax, Kanada mencalonkan diri sebagai walikota, menjadikannya kucing pertama dan satu-satunya yang pernah memasuki dunia politik. Di tahun 1998, seekor kucing tuksedo bernama Sparky mewarisi kekayaan sebesar 6,3 juta dolar dari pemiliknya dan menjadi anabul terkaya di dunia.

muezza baru
©Muezza

Punya kucing tuksedo atau punya pola bulu yang indah? Jangan mengabaikan perawatannya, baik dengan rutin grooming hingga menyediakan asupan nutrisi terbaik dari Muezza. Dibuat dari bahan alami dan bebas bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Tersedia dalam 4 varian citarasa yang disukai kucing, Muezza pun sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Lebih leluasa mengurus kucing tanpa was-was terkena liurnya, juga bebas cemas ketika mencari tempat penyimpanannya atau memegang dry food secara langsung. Punya beragam keunggulan, segera pesan Muezza pilihanmu di Shope dan Tokopedia! [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami