5 Hal Sederhana untuk Tumbuhkan Kebiasaan Jalani Sholat Tepat Waktu

5 Hal Sederhana untuk Tumbuhkan Kebiasaan Jalani Sholat Tepat Waktu
5 Hal Sederhana untuk Tumbuhkan Kebiasaan Jalani Sholat Tepat Waktu. ©Shutterstock
GAYA | 26 Februari 2021 07:30 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Bagi umat muslim, sholat lima waktu merupakan perintah Allah yang wajib dilakukan setiap hari. Sayangnya, ada saja alasan yang membuatmu menunda menunaikan ibadah hingga telat, bahkan sampai terlewat begitu saja.

Padahal, sholat tepat waktu punya banyak keutamaan mulai dari pengampunan dosa, mendapatkan tempat di surga, pahala kebaikan yang besar, hingga memperoleh 9 macam kemuliaan. Tidak sulit untuk membangun kebiasaan baik ini setiap hari, coba 5 cara sederhana yang bisa dijajal.

Berteman dengan yang Rajin Sholat

5 hal sederhana untuk tumbuhkan kebiasaan jalani sholat tepat waktu
©Shutterstock

Awalnya masih ingin bermalas-malasan setelah mendengar suara adzan. Tapi melihat temanmu yang langsung berangkat sholat membuatmu tergerak untuk mengikuti langkahnya. Selain berteman dengan yang rajin sholat tepat waktu, tak jarang mereka juga akan selalu mengingatkan, bahkan mengajak untuk sholat berjamaah yang memberi lebih banyak faedah.

Selain teman, bisa juga meminta tolong orangtua yang biasanya lebih tepat waktu untuk mengingatkan jadwal sholat lima waktu di rumah. Dapat ibadah berjamaah dengan orangtua, ibadah pun bisa makin terasa khusyuk sekaligus mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Memahami Arti Doa

5 hal sederhana untuk tumbuhkan kebiasaan jalani sholat tepat waktu
©Shutterstock

Bisa jadi alasanmu sering telat mengikuti jadwal sholat karena belum memahami betul arti doa atau bacaannya. Supaya lebih khusyuk dalam mendekatkan diri pada Allah, cari cara untuk memelajarinya bacaan sholat lima waktu. Mulai dari menyisihkan waktu untuk membaca banyak buku, belajar langsung dengan ustaz atau ustazah, atau menonton video online yang bisa dilakukan di mana saja dan di sela-sela kesibukanmu.

Lakukan Persiapan

5 hal sederhana untuk tumbuhkan kebiasaan jalani sholat tepat waktu
©Shutterstock

Sebelum melakukan sholat, ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan. Mulai dari berwudhu, menggunakan pakaian yang sopan seperti sarung untuk para pria dan mukena bagi perempuan, menyiapkan sajadah, hingga menghadap arah kiblat.

Biarpun terkesan sepele, tapi hal ini bisa jadi menyita waktu terutama buat yang sibuk menjalani aktivitas sehari-hari. Biasakan sejak dini untuk menyediakan waktu yang cukup sebelum adzan berkumandang, sehingga bisa melaksanakan sholat sesuai jadwalnya. Letakkan barang-barang yang diperlukan untuk sholat di area yang mudah dijangkau, bahkan kini bisa juga memanfaatkan Al Quran online yang memudahkanmu memilih bacaan melalui smartphone.

Pasang Alarm

5 hal sederhana untuk tumbuhkan kebiasaan jalani sholat tepat waktu
©Shutterstock

Kesibukan sering dijadikan alasan telat menunaikan sholat lima waktu, bahkan sampai melewatkannya. Gunakan kemajuan teknologi dengan memasang alarm atau mengunduh aplikasi pengingat sholat di smartphone. Atur waktunya lebih awal misalnya 5-10 menit sebelum sholat untuk mempersiapkan diri sendiri, mulai dari mencuci wajah agar terbebas dari rasa kantuk dan malas, menyiapkan perlengkapan sholat, hingga berwudhu.

Bawa Jadwal Sholat

Sering lupa sholat? Tulis jadwalnya di selembar kertas dan pasang di tempat-tempat yang sering dilihat, misalnya kaca meja rias, notepad yang ditempelkan di dekat komputer, hingga pintu kamar.

Untuk kepraktisan, terutama saat sedang bepergian, kamu tetap bisa mengetahui jadwal sholat menurut regional daerah masing-masing dengan Tokopedia Salam. Di sini, semua jadwal sholat lima waktu dari seluruh daerah di Indonesia bisa diakses, hanya dengan membukanya melalui smartphone.

Hanya butuh 40 hari untuk menumbuhkan kebiasaan dan disiplin sholat, #SelaluAdaSelaluBisa di Tokopedia dengan info jadwal sholat lima waktu di berbagai daerah. Tak ada alasan lagi untuk menunda sholat lima waktu, dengan menjajal tips mudah ini. (*/eth) (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami