5 Macam Olahan Ayam Lezat yang Bisa Ditemukan di Jakarta

5 Macam Olahan Ayam Lezat yang Bisa Ditemukan di Jakarta
©Shutterstock.com
GAYA | 14 November 2021 14:55 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Jika ada yang bilang Jakarta adalah pusatnya makanan di Indonesia, sepertinya tak sepenuhnya salah. Sebab, segala makanan dari berbagai daerah, bahkan manca negara bisa dijumpai dengan mudah di ibu kota. Termasuk di antaranya adalah olahan ayam.

Sejauh mata memandang, olahan ayam yang paling mudah ditemui di Jakarta memang ayam goreng. Dari yang digoreng biasa, sampai yang disajikan dengan beragam bumbu kekinian. Tak heran jika ayam goreng ini selalu ramai diburu, baik dari kaki lima hingga restoran bintang lima.

Padahal di Jakarta sendiri, ada banyak sekali olahan ayam yang tak kalah lezat buat dicoba. Supaya referensi makan beragam masakan ayam di Jakarta semakin bertambah, berikut beberapa rekomendasi menunya.

Ayam Pandan

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Dapoer Mamaku

Kreasi olahan ayam pertama yang bisa ditemukan di Jakarta adalah ayam pandan. Masakan yang berasal dari Thailand ini punya cita rasa unik. Ayam direndam dalam bumbu khas selama beberapa jam. Setelah itu, ayam dibungkus dengan pandan, dan digoreng sampai matang.

Perpaduan aroma pandan dan bumbunya melebur jadi satu. Ketika dimakan, hampir semua bagian daging ayam terasa bumbunya, sehingga benar-benar sedap dan nikmat disantap dengan sepiring nasi panas.

Ayam Kemangi

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Dapoer Mamaku

Selain menggunakan pandan, ada pula ayam kemangi yang sam-sama punya aroma dan cita rasa lezat. Ayam yang sudah dibumbui, kemudian dibalur dengan tepung bumbu dan digoreng renyah.

Setelah itu, ayam dicampur dengan tumisan bumbu kemangi yang sedap dan pedas, sehingga amat terasa kelezatannya. Saking enaknya, ayam kemangi ini kerap bikin nagih saat dimakan sejak suapan pertama.

Ayam Betutu

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Dapoer Mamaku

Tanpa harus jauh-jauh liburan ke Bali dulu, di Jakarta juga bisa ditemukan olahan ayam betutu. Ciri khas dari olahan ayam ini adalah bumbu rempah yang digunakan. Selain itu ayamnya juga pilihan, yaitu ayam kampung.

Inilah yang bikin ayam betutu ini begitu nikmat dan gurih. Bumbunya benar-benar meresap hingga ke dalam, hingga selalu bikin ketagihan dan mau tambah nasi terus saat memakannya.

Ayam Suwir Rica

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Dapoer Mamaku

Selanjutnya ada ayam suwir rica yang juga sanggup menggoyang lidah. Bumbu rica-rica yang digunakan mampu meresap sempurna ke dalam suwiran daging ayam. Saat dimakan, bukan hanya rasa sedap yang didapatkan, tetapi juga ada cita rasa pedasnya.

Hal ini membuat nafsu makan semakin menggelora, saat menyantap lezatnya ayam suwir rica ini. Sajikan dengan sepiring nasi panas, dijamin tak butuh waktu lama untuk menghabiskannya.

Ayam Kicep

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Dapoer Mamaku

Tak kalah lezat ada olahan ayam kicep. Namanya memang kurang begitu populer, tapi urusan cita rasa boleh diadu dengan kreasi olahan ayam lainnya. Sebab, masakan ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan bakunya.

Ayam kemudian dibumbi sampai meresap, lalu digoreng dengan kematangan sempurna. Bukan saja empuk tekstur dagingnya, tetapi rasa bumbunya sungguhan meresap hingga ke dalam. Sajikan dengan sambal khasnya, agar kenikmatan yang dirasakan semakin dobel-dobel.

Lantas, di mana bisa menemukan beragam kreasi olahan ayam tersebut di Jakarta? Mudah saja, tinggal kunjungi ManisdanSedap.com. Kemudian, pilih Dapoer Mamaku. Penjual masakan rumahan online ini melayani beragam olahan ayam, termasuk yang telah disebutkan dalam poin-poin tersebut. Pembeli pun bisa memesan sesuai selera langsung ke penjualnya, lewat platform ManisdanSedap.com ini.

Buat yang belum tahu, ManisdanSedap.com merupakan platform bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Selain memudahkan penikmat kuliner menemukan dan memesan pre-order dari seluruh Nusantara, ManisdanSedap.com juga menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM. Dilengkapi fitur tombol langsung ke nomor seller, pembeli dan penjual bebas berinteraksi maupun bertransaksi terpisah dari platform ini. Siap pre-order sekarang?

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(mdk/tmi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami