5 Manfaat Konsumsi Pepaya buat Kulit dan Rambut

GAYA | 7 November 2019 10:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Pepaya, buah tropis yang murah meriah dan sering dianggap kurang menarik untuk dikonsumsi. Padahal kandungan nutrisi di dalamnya tak kalah dari buah-buahan yang disebut super food seperti blueberry dan kiwi.

Pepaya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin, mineral, hingga enzim. Lalu apa manfaat buah pepaya untuk kecantikan jika dikonsumsi secara teratur?

Berikut ini Merdeka.com tampilkan manfaat-manfaat konsumsi pepaya untuk kulit dan rambut.

1 dari 5 halaman

Mencegah Bloating

Iya, pepaya juga bisa membantu mencegah dan mengatasi bloating. Enzim papain yang dikandung pepaya bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan protein.

Sebuah studi menemukan bukti kalau konsumsi formula yang berbahan dasar pepaya selama 40 hari bisa meningkatkan kelancaran pencernaan dan mencegah bloating.

2 dari 5 halaman

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Vitamin C dan likopen yang terkandung di dalam buah pepaya bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Likopen di dalam pepaya juga bisa meringankan ruam merah pada kulit. Khasiat ini sudah dibuktikan oleh penelitian.

3 dari 5 halaman

Menjadikan Kulit Awet Muda

Sebuah penelitian menunjukkan kalau wanita dewasa yang mengonsumsi panganan sumber likopen, vitamin C, dan antioksidan lain selama 14 minggu menunjukkan pengurangan kerut dan garis halus di wajah yang signifikan.

Pepaya merupakan sumber vitamin C dan likopen yang tinggi. Konsumsi buah ini secara teratur bisa membantu mengatasi gejala penuaan dini, antara lain kerutan.

4 dari 5 halaman

Menjadikan Kulit Glowing

Serat di dalam buah-buahan seperti pepaya bisa menutrisi mikroorganisme yang menguntungkan tubuh. Berkat kandungan seratnya yang tinggi, pepaya bisa membantu melancarkan pencernaan. Sementara pencernaan yang baik merupakan salah satu syarat kulit sehat.

Enzim dan vitamin di dalam pepaya juga bisa menjadikan kulit glowing dari dalam.

5 dari 5 halaman

Mencegah Kerontokan Rambut

Menurut hasil studi, nutrisi di dalam pepaya bisa membantu mencegah kebotakan. Konsumsi seporsi buah ini setidaknya tiga kali seminggu bisa membantu menurunkan risiko kebotakan.

Pepaya juga mengandung asam folat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga batang rambut bisa tumbuh dengan baik.

Demikian manfaat-manfaat yang bisa didapatkan rambut dan kulit dari konsumsi buah pepaya secara teratur.

Sumber: Healthline, DOctor NDTV, MedicalNewsToday, StyleCraze, Times of India (mdk/tsr)

Baca juga:
Kulit Cerah dan Lembut dengan Masker Susu dan Minyak Almond
5 Manfaat Kecantikan Konsumsi Labu, Buah Kuning Khas Halloween
Manfaatkan Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat dan Kulit Kering
9 Resep Cantik Tradisional Warisan Jepang
Ingin Awet Muda? Rajin Makan Labu Siam