9 Perawatan Rambut Jadul yang Terbukti Ampuh, Perlu Dicoba Generasi Muda

9 Perawatan Rambut Jadul yang Terbukti Ampuh, Perlu Dicoba Generasi Muda
GAYA | 30 Mei 2020 21:30 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Pernah melihat nenek kita memakai minyak rambut bikinan sendiri atau keramas dengan merang? Keduanya termasuk perawatan rambut jadul yang cukup populer di masa lalu. Sampai sekarang pun masih bertahan karena sudah terbukti keampuhannya.

Buat Anda yang ingin merawat rambut secara alami, tak ada salahnya kembali ke resep tradisional. Contek tips-tips merawat rambut dari masa lalu yang jadi warisan nenek moyang kita. Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 9 halaman

Bilasan Santan

rev2Ilustrasi kelapa. Shutterstock/Madlen

Santan sudah terbukti baik untuk perawatan rambut. Minyak alami dan vitamin E yang terkandung di dalamnya bisa membantu memulihkan kondisi batang rambut yang rusak atau kering. Padukan dengan jeruk nipis, Anda bisa mendapatkan conditioner atau campuran hair mask dengan nutrisi super.

Untuk membuatnya cukup campur santan kental perasan sendiri dengan air perasan jeruk nipis. Usapkan merata pada batang rambut, kemudian bungkus dengan handuk atau shower cap. Diamkan minimal satu jam, kemudian bilas dan keramas dengan sampo seperti biasa. Rambut akan terasa lebih halus.

2 dari 9 halaman

Cuci Rambut dengan Merang

dengan merang rev2Ilustrasi merang. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Para wanita di Jawa dan Betawi punya tradisi merawat rambut dengan merang. Merang adalah batang padi yang sudah kering. Biasanya dibakar, direndam, kemudian airnya digunakan untuk mencuci rambut.

Khasiat utama yang bisa didapat dari sampo tradisional ini adalah menghitamkan rambut, mengatasi minyak berlebih di kulit kepala, dan menghilangkan ketombe.

Kalau merasa kesulitan mencari merang, kamu juga bisa menggunakan sampo merang dalam kemasan yang sudah tersedia di pasaran.

3 dari 9 halaman

Minyak Urang-Aring

aring rev2Ilustrasi urang-aring. ©2017 khasiat.co.id

Minyak urang-aring sudah sejak dulu dipercaya sebagai penghitam rambut paling ampuh. Juga efektif untuk menjadikan rambut senantiasa lembut dan sehat. Jika menginginkan khasiat dari daun yang juga dikenal dengan nama false daisy ini, Anda bisa membeli minyak urang-aring dalam kemasan yang banyak tersedia di pasaran.© 

4 dari 9 halaman

Minyak Kemiri

rev2Ilustrasi minyak kemiri. ©iStock

Sama seperti minyak urang-aring, minyak perasan kemiri juga diyakini mampu menjaga batang rambut dari penuaan lebih lama. Anda bisa membuatnya dari kemiri yang dibakar, kemudian peras minyaknya. Resep pembuatannya bisa dilihat di sini.

5 dari 9 halaman

Hair Tonic Daun Waru

daun waru rev2Ilustrasi daun waru. ©StarrEnvironmental.com

Hibiscus tiliaceus atau daun waru dipercaya bisa menyuburkan rambut, mencegah kerontokan, dan mengatasi ketombe.

Untuk membuatnya, Anda bisa mencuci bersih 15 lembar daun waru muda. Kemudian peras dan saring airnya. Diamkan semalam di ruangan terbuka.

Keesokan harinya, gunakan hair tonic untuk di kulit kepala. Lakukan pijatan ringan selama tiga sampai lima menit. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6 dari 9 halaman

Tonik Air Jeruk Nipis

jeruk nipis rev1Ilustrasi jeruk nipis. ©Pixabay

Jeruk nipis tak hanya bisa mengatasi ketombe, air perasan buah sitrus ini juga bisa mengatasi minyak berlebih di kulit kepala dan menyuburkan rambut. Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan vitamin C yang diperlukan oleh rambut. Cukup tuangkan air perasan jeruk nipis di kulit kepala, lakukan pijatan ringan, kemudian diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

7 dari 9 halaman

Penyubur Getah Lidah Buaya

lidah buaya rev1Ilustrasi lidah buaya. ©Shutterstock

Lidah buaya terkenal sebagai penyubur rambut yang ampuh. Getah tanaman ini kaya akan pelembap alami, 18 asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Tak heran kalau lidah buaya bisa menjadikan rambut lebat dan indah.

Gunakan getah lidah buaya segar untuk memijat kulit kepala dan akar rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

8 dari 9 halaman

Minyak Cem-Ceman

Biasanya nenek atau buyut kita suka menyimpan minyak cem-ceman buatan sendiri untuk merawat rambut. Minyak cem-ceman umumnya dibuat dari minyak kelapa, daun waru, daun mangkokan, dan bunga kenanga (sebagai pewangi).

Kelapa menghasilkan salah satu minyak terbaik untuk rambut. Minyak ini mengandung protein, vitamin E, dan trigliserida yang bisa melembapkan sekaligus merawat rambut. Sementara daun waru dan mangkokan berfungsi sebagai penyubur rambut alami.

9 dari 9 halaman

Masker Seledri

Ilustrasi jus seledri. ©Shutterstock

Tak hanya menyuburkan rambut, seledri juga bisa mengatasi rambut yang rusak berkat kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu seledri juga mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, potasium, magnesium, dan selenium.

Jika ingin membuat masker dari seledri, tinggal haluskan seikat kecil seledri yang masih segar dengan sedikit air dingin. Gunakan untuk masker rambut dan cream bath. Diamkan selama 20 menit atau 30 menit, kemudian bilas rambut dengan air dingin.

Demikian tips-tips perawatan rambut jadul yang bisa Anda coba di rumah. (mdk/tsr)

Baca juga:
6 Cara untuk manjakan kulit dan rambut di tengah cuaca panas
3 Manfaat calendula sebagai bahan perawatan rambut
Mengenal clean beauty, tren perawatan kecantikan dengan bahan-bahan non-toksin
Cara mudah mengatasi rambut rontok pasca melahirkan
8 Khasiat kecantikan yang terkandung di dalam daun pandan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5