5 Tempat Wisata Pekanbaru yang Kekinian dan Instagramable

GAYA | 22 November 2019 22:05 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Mampir ke Riau tentu tak lengkap kalau belum mengunjungi ibukotanya, Pekanbaru. Kota terbesar di Provinsi Riau ini punya banyak objek wisata keren, lho.

Tak cuma cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawit yang dimiliki Pekanbaru. Kota ini juga menyimpan berbagai objek wisata. Mulai dari wisata sejarah, budaya, sampai alam.

Pekanbaru juga punyai tempat wisata zaman now yang sangat Instagramable untuk berfoto. Yuk, temukan di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Rainbow Hills

lokasi wisata yang relatif baru dan unik. Tempat ini diberi nama Rainbow Hills atau Bukit Pelangi. Seperti namanya, perbukitan di tempat ini benar-benar berwarna-warni.

Perpaduan warna yang unik membuat bukit-bukitnya terlihat seperti pelangi dari kejauhan. Sangat indah untuk diabadikan dengan kamera Anda. Namun, kontur (garis ketinggian) dan warna tanah di perbukitan Rainbow Hills yang berlokasi di Danau Kahyangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau ini bisa berubah-ubah kapan saja.

Selain itu, pada musim hujan, Anda harus waspada berkunjung ke sini, karena kondisi tanah yang labil ditambah hujan deras dapat berisiko longsor.

2 dari 5 halaman

Pustaka Soeman HS

Berwisata untuk membaca buku? Kenapa tidak? Selagi di Kota Pekanbaru, datanglah ke gedung perpustakaan Pustaka Soeman HS. Selain dapat menambah wawasan, kita juga dapat menikmati keindahan desain arsitektur bangunannya.

 /></p>
<p style=Instagram/infopku_

Faktanya, gedung Pustaka Soeman HS memang pernah mendapatkan penghargaan sebagai gedung perpustakaan terbaik di tingkat negara-negara ASEAN.

Suasana di dalam gedung pun nyaman dengan jumlah koleksi di atas 400.000 buku. Selain itu, terdapat pula fasilitas menarik lain seperti pustaka digital, ruang komputer, dan perpustakaan anak-anak.

Tertarik untuk berkunjung? Gedung Pustaka Soeman HS berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 462, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

3 dari 5 halaman

Desa Wisata Okura

Bagi Anda yang merasa penat dengan kebisingan ibu kota, Desa Wisata Okura akan sangat menyenangkan.

 /></p>
<p style=Instagram/media_photoku

Sambil menyusuri jalanan di pinggir sungai desa yang penuh pepohonan rindang dan asri, Anda bisa bersepeda atau berkuda. Di sana Anda juga dapat menyaksikan kehidupan penduduk suku Melayu-Riau asli yang tinggal di rumah panggung yang berjejer di sepanjang Sungai Siak.

Di desa yang berlokasi di Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau ini juga terdapat sebuah taman bunga yang sangat cantik. Anda dan teman-teman atau keluarga pun dapat berpose di depan kamera di antara warna-warni indahnya bunga-bunga di sana.

4 dari 5 halaman

Taman Wisata Alam Mayang

Meski padat kawasan industri, Kota Pekanbaru menawarkan berbagai tempat rekreasi menarik, contohnya, Taman Wisata Alam Mayang.

 /></p>
<p style=Instagram/ludimeleva

Konsepnya berupa taman hijau terbuka dan dilengkapi beragam wahana yang mengasyikkan, seperti flying fox, kolam pemancingan, sepeda air, bumper cars, dan kereta safari.

Selain wahana menarik, terdapat pula spot berfoto yang unik, yaitu deretan 4 patung raksasa di sekitar gerbang taman, candi miniatur, 6 buah replika patung Pulau Paskah, dan replika perahu ciri khas Riau.

Fasilitas umumnya pun termasuk lengkap, sehingga menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Segera meluncur saja ke Jl. Imam Munandar, Tangkerang Timur, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, untuk berekreasi bersama keluarga di sana.

5 dari 5 halaman

Anjungan Seni Idrus Tintin

Beralamat di Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji, Kota Pekanbaru, Riau, sebuah bangunan artistik yang menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya Melayu-Riau berdiri. Gedung bernama Anjungan Seni Idrus Tintin ini merupakan salah satu tempat wisata yang unik dan menarik.

 /></p>
<p style=Instagram/sepliyandri

Di dalam gedung, terdapat banyak ruangan yang digunakan sebagai tempat pertunjukan segala macam seni, di antaranya seni musik, tari, dan lukisan. Desain interior gedung pun mengandung nilai estetika, dengan dominasi warna kuning dan motif Melayu. Area sekitar gedung pun dihiasi taman hijau yang ditumbuhi bunga-bunga cantik, sehingga sangat cocok untuk refreshing sambil berfoto.

Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
VIDEO: Mengunjungi Danau Labuan Cermin, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur
Agenda Akhir Pekan: Yuk ke Festival Ciliwung 2!
Wishnutama: Birokrasi Ribet, Bikin Gemes
8 Ikon Kota Malang yang Wajib Disinggahi
6 Objek Wisata Air Buatan yang Cocok untuk Sejukkan Tubuh di Cuaca Panas