5 Tips Mengolah Rebung agar Tidak Bau dan Pahit

5 Tips Mengolah Rebung agar Tidak Bau dan Pahit
GAYA | 16 Januari 2020 14:17 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Rebung adalah tunas bambu muda yang kerap diolah menjadi makanan. Tidak semua jenis bambu bisa diambil rebungnya, karena beberapa varietas memiliki rebung yang keras, berbulu, dan pahit.

Rebung yang bisa dikonsumsi pun tidak bisa sembarangan diolah. Pasalnya rebung memiliki aroma pesing yang khas. Jika tidak diolah dengan benar, kadang ada rasa pahit yang tertinggal.

Lalu bagaimana caranya agar rebung tidak berbau pesing dan langu saat disantap? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

1 dari 5 halaman

1. Rebus Hingga Empuk dan Buang Airnya

Ketika baru membeli rebung, sebaiknya langsung direbus terlebih dahulu. Rebus hingga empuk, setelah itu air rebusannya dibuang. Tiriskan dulu rebung yang sudah empuk, lalu cuci lagi sampai bersih. Rebung yang sudah matang ini pun siap diolah.

2 dari 5 halaman

2. Rendam dalam Air Garam

dalam air garamIlustrasi rebung. ©Shutterstock

Coba rendam rebung dengan air garam selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci bersih. Baru setelah itu bisa direbus atau dikukus untuk kemudian diolah sesuai keinginan.

3 dari 5 halaman

3. Rebus dengan Air Kelapa

Rebung yang sudah disimpan terlalu lama biasanya baunya akan lebih pekat. Kalau direbus dengan air biasa atau dikukus tak kunjung menghilangkan baunya, bisa coba rebus dengan air kelapa. Siapkan air kelapa secukupnya lalu gunakan sebagai air rebusan untuk merebus rebung. Cita rasa rebung mungkin agak sedikit berubah tapi itu akan memberinya sensasi yang berbeda.

4 dari 5 halaman

4. Rendam dengan Larutan Air Kapur Sirih

dengan larutan air kapur sirihIlustrasi rebung. ©Shutterstock

Kalau ingin tekstur rebung tetap terjaga bisa coba pakai air kapur sirih. Caranya siapkan rebung yang sudah diiris lalu rendam dalam air kapur sirih selama beberapa menit. Baru cuci dan bilas hingga bersih sebelum diolah sesuai selera.

5 dari 5 halaman

5. Kukus Rebung

Kalau tidak ingin rebung terlalu berair saat diolah, bisa kukus terlebih dahulu rebung. Cuci rebung lalu kukus sampai cukup empuk. Dengan cara ini bau pesing dan rasa pahit bisa hilang.

Demikian tips-tips mengolah rebung untuk menghilangkan bau pesing dan rasa pahitnya.

Sumber: Fimela.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Kehabisan Stok, Ini 8 Bumbu Penyedap yang Bisa Gantikan Terasi
4 Tips Membeli Bumbu Giling Instan yang Berkualitas di Pasar
3 Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tak Cepat Busuk
Tips Menyimpan Makanan Sisa Secara Aman
5 Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas agar Tak Cepat Kuning

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami